Achievements

Halaman ini saya buat hanya sebagai pengingat saja. Pengingat bahwa saya pernah mendapatkan pencapaian dalam bidang SEO yang mengantarkan saya pada kondisi seperti saat ini. Juga sebagai pengingat untuk selalu bersyukur pada Alloh. Jika bukan karena ijin-Nya, maka pencapain-pencapaian ini tidak akan pernah bisa saya raih.

Pencapaian ini saya bagi menjadi 2 bagian. Bagian yang pertama adalah antara tahun 2012 sampai dengan pertengahan 2017. Sedangkan bagian kedua adalah setelah pertengahan tahun 2017 hingga saat ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa sebelum tahun 2012 tidak diikutsertakan mas? Ini jawaban saya..

Sebenarnya saya mengenal SEO sejak tahun 2010. Hanya saja saat itu saya masih dalam masa coba-coba dan belum serius terjun dalam dunia SEO. Di tahun 2010 saya membuat projek portal berita online bersama teman-teman kos. Mereka adalah Arief Maffrudin Annur dan Suprayoga Pratama. Kebetulan mereka masih satu almamater dengan saya dan sama-sama kuliah di STMIK AMIKOM Yogyarkarta.

Nama projeknya adalah SlemanOnline.com. Awal mula pembuatannya sama sekali tidak berfikir ke arah profit. Yang penting bisa membuat website, ada kontennya, bisa diakses oleh orang lain dan bisa bermanfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat Sleman.

Dari projek portal berita online inilah saya mengenal SEO. Setelah mengenalnya kemudian saya mendalaminya, hingga pada suatu ketika saya memutuskan untuk membuat toko online yang trafficnya berasal dari mesin pencari. Maka pada tanggal 12 April 2012 lahirlah toko online pertama saya yang bernama Flanel Shop Indonesia.

Bertahan sekitar 5 tahun, dengan berat hati sayapun meninggalkan bisnis pertama itu pada pertengahan tahun 2017. Tepatnya tanggal 12 Juli 2017 saya resmi bergabung dengan KIRIM.EMAIL sebagai seorang SEO Specialist dan Content Writer. KIRIM.EMAIL ini adalah sebuah startup lokal yang bergerak sebagai penyedia layanan email marketing. Di KIRIM.EMAIL inilah saya pertama kali bekerja sebagai seorang profesional hingga sekarang.

Untuk alasan kenapa saya memutuskan pergi dari bisnis yang saya rintis adalah karena penyakit. Cerita lengkapnya pernah saya bahas di blog ini. Anda bisa mencarinya di sini atau di sini.

Oke, begitu ya pendahuluannya. Sekarang langsung masuk saja ke pencapaiannya.

Periode 1 : 2012 sampai dengan pertengahan 2017

Periode 2 : Setelah pertengahan tahun 2017