Halaman maintenance dan coming soon mode WordPress adalah 2 halaman yang sangat dibutuhkan oleh blog atau website kita. Mungkin terlihat sepele dan jarang digunakan pada website yang sehat-sehat saja.

Namun bagi yang websitenya sedang bermasalah, maka 2 halaman ini bisa menjadi penyelamat. Terlebih jika website atau blog Anda menggunakan WordPress sebagai CMS-nya.

Alasannya sederhana saja, karena halaman maintenance atau coming soon mode ini menjadi satu-satunya pemberitahuan kepada pengunjung kalau sedang terjadi sesuatu di blog atau website Anda. Dan juga secara tidak langsung, 2 halaman ini juga berhubungan dengan SEO.

Karena dengan mengaktifkan 2 mode ini server Google juga akan merespon dengan baik sehingga mungkin Anda tidak akan terlalu banyak kehilangan traffic organik.

Seolah-olah Anda memberikan informasi pada Google :

hei Google website saya sedang ada masalah. Saya akan segera perbaiki dan setelah selesai tolong rayapi website saya lagi yaa..!!

Ini lebih baik daripada tidak memasang salah satu dari 2 mode tersebut sama sekali saat website Anda mengalami kendala teknis.

Baca juga : Cara Cepat Terindex Google.

Apa itu halaman maintenance mode WordPress dan kapan mengaktifkannya?

Halaman maintenance mode WordPress adalah sebuah mode halaman yang menginformasikan kalau website Anda yang berbasis WordPress sedang bermasalah dan sedang diperbaiki.

Halaman maintenance mode dibutuhkan ketika blog atau website kita sedang mengalami kendala teknis.

Misalnya ada bug atau mungkin sedang terjadi pemeliharaan sistem. Biasanya tidak butuh waktu yang lama untuk mengatasinya. Paling dalam hitungan jam website sudah bisa diakses lagi.

Namun supaya orang yang sedang berkunjung ke blog atau website tidak merasa kecewa, maka perlu dibuat halaman maintenance mode. Hal ini diharapkan bisa membuat pengunjung blog atau website paham kalau sedang ada maintenance dan mau balik lagi setelah selesai.

Apa itu halaman coming soon mode WordPress dan kapan mengaktifkannya?

coming soon mode

Sedangkan halaman coming soon WordPress adalah sebuah halaman yang menginformasikan kalau website Anda akan segera hadir. Jadi bukan karena kendala teknis yang bisa dibenahi dalam waktu singkat.

Halaman coming soon WordPress dibutuhkan ketika blog atau website kita yang berbasis WordPress tidak bisa diakses dalam waktu yang cukup lama.

Mungkin Anda sedang ingin mengubah konsep blog atau website Anda. Mungkin Anda sedang ingin mengganti konten lama Anda dengan konten yang lebih segar dan baru. Maka itu semua sebaiknya dilakukan setelah memasang halaman coming soon mode.

Dan biasanya, pada halaman coming soon mode WordPress ini ada semacam form untuk menginputkan alamat email yang nanti ketika website atau blog nya sudah tayang lagi, orang yang mengisi form tersebut akan diberitahu melalui email.

Jadi form ini seperti semacam request notifikasi atau waiting list terhadap blog atau website Anda yang akan segera tayang.

Bagaimana cara membuat halaman maintenance dan coming soon mode WordPress dengan Elementor?

Sekarang kita masuk ke tahap inti dari pembahasan ini. Untuk membuat halaman maintenance dan coming soon mode WordPress kita gunakan plugin Elementor.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa menggunakan Elementor?

Jawaban saya sih sederhana saja, karena saya menggunakan WordPress dan Elementor. Selain itu karena Elementor sudah ada fitur untuk maintenance dan coming soon mode WordPress di dalamnya. Sehingga tidak perlu lagi menginstall plugin tambahan lagi.

Hebatnya lagi di Elementor sudah ada template halaman maintenance dan coming soon mode yang bisa Anda download secara gratis. Anda tinggal download dan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Pokoknya mudah dan praktis.

Mungkin Anda sudah tidak sabar ingin segera membuat halaman maintenance dan coming soon mode WordPress dengan Elementor ini bukan?

Maka dari itu untuk membuatnya silakan pelajari caranya pada video berikut ini. Sudah saya dokumentasikan bagaimana cara membuatnya secara mudah. Silakan perhatikan step by stepnya dan jika ada yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kotak komentar di bawah nanti.

Untuk versi tertulisnya menyusul ya.. sementara versi video dulu saja. Yang penting caranya bisa tersampaikan ke Anda. Selamat prakten membuat halaman maintenance dan coming soon mode WordPress dengan Elementor. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.