Cara Membuat SKCK Bagi Perantau. 1 Jam Jadi Gak Perlu Pulang Kampung

Bagi seorang perantau urusan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) memang bikin resah dan gelisah. Bagaimana tidak, terkadang seorang perantau harus pulang kampung hanya untuk membuat SKCK. Hal ini dikarenakan pihak yang berwenang mengeluarkan SKCK adalah Polres atau Polsek sesuai alamat di Kartu Tanpa Penduduk (KTP) Anda.

Misalnya Anda saat ini merantau ke Tangerang. Sedangkan alamat yang ada di KTP masih menunjukkan tempat Anda berasal, contohnya Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Sehingga yang berhak mengeluarkan SKCK adalah Polres Klaten atau Polsek Jogonalan.

Selain itu yang membuat seorang perantau harus pulang kampung adalah sudah tidak ada lagi saudara atau kerabat yang bisa membantu mengurus SKCK.

Kalau perantauannya jaraknya bisa ditempuh dengan 3-4 jam perjalanan mungkin tidak ada masalah pulang kampung untuk membuat SKCK. Tetapi jika sudah beda provinsi atau sudah beda pula, maka pulang kampung untuk membuat SKCK akan membutuhkan biaya, waktu dan juga tenaga yang tidak sedikit.

Jika Anda seorang perantau dan mengalami dilema yang sama, Anda tidak perlu khawatir. Karena saya ada solusi untuk masalah ini.

Solusi dari saya ini adalah pengalaman yang saya alamai sendiri. Kebetulan adik ipar saya juga seorang perantau dan dia butuh SKCK dalam waktu cepat. Sehingga jika dia pulang kampung pekerjaannya malah terganggu, biayanya mahal dan apa yang didapatkan tidak sebanding dengan apa yang dia keluarkan. Saya berharap ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Cara Membuat SKCK Bagi Perantau Gak Perlu Pulang Kampung

Kronologi

Sebelum saya berikan cara membuat SKCK bagi perantau saya jelaskan dulu kronologinya ya. Ceritanya begini…

Adik ipar saya saat ini kerja dan tinggal di Tangerang Selatan. Saat ini dia butuh SKCK secepatnya sedangkan di KTP nya, domisilnya masih beralamat di Klaten. Kemudian dia coba pergi ke Polres Tangerang Selatan untuk mengurus SKCK ini.

Setibanya di sana ternyata petugasnya belum berangkat. Kemudian dia diberitahu oleh Polisi di sana kalau untuk membuat SKCK yang berhak mengeluarkan adalah Kepolisian sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

Dengan kata lain Polres Tangerang Selatan tidak bisa mengeluarkan SKCK untuk orang yang domisili dan alamat di KTP nya beda. Namun pihak sana memberikan solusi yaitu mereka bisa membantu merekam sidik jari. Kemudian keluarga atau kerabat di kampung yang akan mengurus SKCK nya.

Dari informasi ini kemudian dia kontak saya untuk mengurus SKCK nya di Klaten.Saya pun menyanggupinya dan ternyara prosesnya tidak serumit yang kita bayangkan. Waktunya juga cepat, tidak sampai 1 jam SKCK dan perekaman sidik jarinya sudah selesai.

Persyaratan

Sebelum Anda membuat SKCK ada beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan, diantaranya :

  • Berkas rekaman sidik jari
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (opsional, tapi persiapkan saja)
  • Pas foto 4×6 3 lembar
  • Pas foto 3×4 1 lembar
  • ¬†Uang Rp30.000

Prosedur dan Biaya

Untuk prosedurnya adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan perekaman sidik jari di Polres/Polsek tempat Anda saat ini. Kalau saat ini Anda berada di Bandung yang laukuan di Polres/Polsek Bandung. Untuk biayanya berdasarkan keterangan kata adik saya, petugasnya di sana bilang seikhlasnya saja. Tapi kalau tidak ada ya gak usah. Tetapi adik saya memberikan Rp 50.000 karena saat itu tidak ada uang kecil.

    Hasil rekaman sidik jarinya sebagai berikut :

  2. Setelah perekaman sidik jari selesai, scan berkas tersebut dan kirimkan melalui email atau WhatsApp ke kerabat Anda di kampung halaman. Jangan lupa minta mereka untuk mencetak berkas yang sudah Anda scan ini. Setelah dicetak/print gunakan sebagai lampiran untuk pembuatan SKCK.
  3. Minta kerabat/saudara Anda di kampung halaman untuk ke Polsek/Polres dengan membayar persyaratan di atas. Arahkan untuk langsung menuju ke loket pembuatan SKCK.
  4. Serahkan berkas rekaman sidik jari ini ke petugas dan kemudian kerabat Anda akan diminta untuk mengisi formulir seperti berikut ini :
  5. Setelah selesai mengisi formulirnya, serahkan ke petugas dan bayar biaya administrasi sebesar Rp30.000.
  6. Tunggu prosesnya dan SKCK Anda sudah selesai pembuatannya.

Mudah bukan cara membuat SKCK bagi perantau ini? Sekian berbagi pengalaman saya untuk Anda. Mudah-mudahan bermanfaat dan jika berkenan silakan share ke teman atau kerabat Anda yang membutuhkan. Jika ada yang mau ditanyakan silakan kirimkan email ke saya di [email protected]. Terima kasih sudah menyimak dan sampai bertemu di tulisan saya berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.