Website Anda meta title dan meta description di Google tidak berubah? Padahal Anda sudah merubahnya beberapa waktu, namun tidak kunjung ada perubahan? Tenang, saya punya solusinya untuk Anda yang punya masalah tersebut.

Memahami apa itu Meta Title dan Meta Description

Meta title, meta description dan url adalah 3 hal yang cukup sering tampil di halaman hasil pencarian Google. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar di bawah ini.

meta title, meta description dan url

Pada gambar di atas, saya sedang mencari informasi dengan kata kunci “obat batuk kering”. Lalu muncullah hasil pencarian seperti pada gambar tersebut.

Kalau kita cermati, ada 3 warna di dalam gambar itu, yang diantaranya :

  • Warna biru
  • Warna hijau
  • Warna hitam.

Tulisan yang berwarna biru itulah yang disebut sebagai meta title. Sedangkan yang berwarna hijau itu adalah url dan yang berwarna hitam adalah meta description.

Kalau di dalam 3 hal tersebut mengandung kata kunci yang kita cari, maka Google akan menampilkan hasilnya di halaman hasil pencarian (SERP).

Maka kemudian melakukan optimasi di bagian meta title, url dan meta description menjadi aktivitas wajib di SEO. Karena kalau hanya mengandalkan judul artikel dan 160 karakter pertama dari artikel kita, maka hasilnya tidak akan optimal.

Penyebab Meta Title Dan Meta Description Di Google Tidak Berubah

Normalnya, ketika kita melakukan perubahan pada 3 hal tersebut, maka di hasil pencarian Google pun juga ikut berubah. Namun pada kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Terkadang kita sudah melakukan perubahan meta title dan meta description di website atau blog. Tetapi di Google tetap tidak berubah baik dari segi konten maupun strukturnya.

Hal ini penyebab utamanya tidak lain dan tidak bukan cache yang ada di halaman SERP. Cache ini menjadi semacam penghambat singkronisasi antara website kita dengan servernya Google. Jadi seolah-olah ada semacam delay atau keterlambatan singkronisasi dan hasilnya tidak bisa realtime. Kadang cepat kadang juga lama, bahkan sampai bulanan baru bisa terupdate.

Sebagai contoh, saya punya website katakanlah namanya Bukatalks.com. Awal mulanya, website ini mempunyai meta title dan meta description seperti berikut pada gambar di bawah ini :

meta title dan meta description awal

meta title : jasa cetak sablon dan bordir

Lalu kemudian saya putuskan untuk mengganti konsep websitenya. Dari yang semula untuk jasa, kemudian saya ubah jadi platform untuk video pengembangan diri. Sehingga mau tidak mau struktur meta title dan meta descriptionnya pun juga harus berubah.

Maka kemudian strukturnya saya ubah menjadi seperti ini :

  • meta title : Bukatalks : Sharing informasi untuk meningkatkan kapasitas diri.
  • meta description : BukaTalks adalah sebuah upaya meningkatkan kapasitas diri anak muda Indonesia melalui sharing informasi dalam bentuk seminar dan forum diskusi.

Perubahan ini saya lakukan sekitar awal bulan Desember 2019. Namun hingga jelang akhir bulan, saat saya mencari di Google, meta title dan meta description yang ditampilkan Google ternyata masih yang lama. Masih yang jasa cetak sablon dan bordir.

Kemudian saya cari informasi kesana-kemari sampai pada akhirnya saya menemukan jawaban kenapa bisa seperti itu. Ternyata penyebabnya adalah cache yang saya jelaskan di atas.

Untuk mengetahuinya sangat mudah. Anda tinggal arahkan kursor ke segitiga kecil yang ada di samping URL atau tulisan yang berwarna hijau. Lalu klik segitiga kecil tersebut lalu akan muncul tulisan cache seperti ini :

cache google search

cache google search

Kalau itu diklik lagi maka akan muncul tampilan seperti ini :

Pada gambar di atas bisa kita lihat kalau ternyata hasil yang disimpan oleh Google adalah tampilan pada tanggal 5 Desember 2019. Padahal saat saya akses halaman ini sekitar tanggal 25 Desember 2019. Sehingga ada delay sekitar 20 hari.

Inilah yang saya sebut cache menjadi penyebab tidak berubahnya meta title dan meta description di Google.

Cara Mengatasi Meta Title Dan Meta Description Di Google Tidak Berubah

Kita sudah tahu penyebabnya apa sehingga meta title dan meta description di Google tidak berubah. Berikutnya kita akan mulai mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasinya juga cukup mudah kok. Untuk itu silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Masuk ke Google Search Console Anda.
  2. Setelah itu masukkan url atau domain yang ingin Anda perbaiki dan tunggu proses mengambil data dari Index Google. 
  3. Setelah itu akan muncul hasilnya. Perhatikan pada bagian Liputan. Lihat kapan terakhir kalinya Google merayapi (crawl) website Anda. Kalau di kasus ini tanggal 5 Desember 2019 jam 22:45.
  4. Setelah itu klik tombol UJI URL AKTIF dan tunggu prosesnya sekitar 1-2 menit.
  5. Setelah selesai maka Google Search Console akan menginformasikan kalau pengujian telah selesai dilakukan pada tanggal sekarang.  Itu berarti Google sudah merayapi website atau blog Anda. Selanjutnya Anda tingga minta Google untuk mengindex ulang blog atau website Anda dengan klik tombol Minta Pengindeksan.
  6. Setelah proses permintaan pengindeksan selesai, selanjutnya cari website Anda di Google dan lihat hasilnya. Kalau di saya setelah melakukan langkah-langkah di atas, seketika meta title dan meta description langsung berubah seperti berikut ini :
  7. Selesai.

Seperti itulah cara saya mengatasi meta title dan meta description di Google tidak berubah. Untuk mempelajari secara keseluruhan prosesnya, saya sudah mendokumentasikannya dalam bentuk video. Anda bisa melihat video berikut ini untuk langkah-langkah yang lebih lengkap dan terstruktuk.

Terima kasih sudah menyimak tutorial ini dan sampai bertemu lagi di tutorial saya berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.