Cara Menggunakan Jamboard by Google – Papan Tulis Digital Untuk Pembelajaran Interaktif selama Belajar Daring

Pada halaman ini Saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Jamboard by Google.

Lebih spesifiknya Jamboard dalam konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) interaktif untuk level TK.

Karena adanya PPKM Darurat Level 4 yang diterapkan oleh Pemerintah beberapa waktu yang lalu mau tidak mau membuat Kami para orang tua siswa juga harus menyesuaikan pola pembelajaran anak.

Ditambah lagi memasuki tahun ajaran baru ini, yang artinya anak Saya sudah masuk TK yang mana tahun depan sudah masuk Sekolah Dasar (SD).

Untungnya sekolah TK dimana anak Saya belajar punya program yang menurut saya cukup bagus dan sangat memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Teknologi tersebut salah satunya adalah Google Meet dan Jamboard.

Bagi Anda yang sudah sering rapat secara virtual mungkin sudah tahu apa itu Google Meet.

Itu lho semacam aplikasi Zoom yang fungsinya untuk melakukan rapat atau video call. Hanya saja karena ini aplikasi bikinan Google maka Kita menyebutnya sebagai Google Meet.

Apa itu Jamboard by Google?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan Google Jamboard , Saya bahas dulu tentang apa itu Google Jamboard.

Jamboard adalah sebuah aplikasi papan tulis digital buatan Google yang dibuat khusus untuk keperluan pembelajaran yang aktif, interaktif dan kolaboratif.

Dari pengalaman Saya menggunakan aplikasi ini, Jamboard by Google memungkinkan Guru menulis atau menggambar secara langsung bersama dengan murid-muridnya walaupun tidak sedang tatap muka.

Misalnya di halaman awal Guru menggambar bangun datar seperti seperti segitiga, persegi atau lingkaran. Di saat yang sama para Siswa bisa langsung menggambar di halaman yang lain dengan mengikuti gambar yang sudah dibuat oleh Guru.

Untuk penampakannya seperti berikut ini.

cara menggunakan google jamboard

Catatan : Untuk tampilan Google Jamboard di tablet atau di smartphone sedikit berbeda tata letaknya. Tapi dari segi fungsionalitasnya tetap sama.

Bagaimana cara menggunakan Jamboard by Google?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu aplikasi Jamboard dan paling tidak gambaran singkatnya seperti apa.

Kini Saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Jamboard by Google.

Supaya lebih mudah dalam memahami konteks secara keseluruhan, pembahasannya Saya bagi menjadi beberapa bagian yang diantaranya :

  1. Cara mengakses Google Jamboard
  2. Anatomi Google Jamboard
  3. Demo Google Jamboard
  4. Cara membagikan Google Jamboard.

Mari kita bahas satu per satu.

Cara mengakses Google Jamboard

Pembahasan yang pertama adalah tentang bagaimana cara mengakses Google Jamboard.

Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakses Google Jamboard.

4 cara tersebut antara lain :

Melalui URL

Untuk bisa mengakses Jamboard, cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah melalui URL. Silakan buka browser dan ketik https://jamboard.google.com pada address bar browser Anda.

Melalui chrome web store

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengakses Jamboard adalah melalui Chrome Web Store.

Anda bisa juga mengakses Google Jamboard dengan menginstall addon di Google Chrome yang masternya bisa Anda install di sini : https://chrome.google.com/webstore/detail/jamboard/ihacalceahhliihnhclmjjghadnhhnoc?hl=id .

Sebagai catatan cara ini hanya bisa digunakan jika Anda menggunakan browser Google Chrome. Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox atau Safari tidak akan bisa. Silakan pakai cara pertama jika Anda menggunakan salah satu dari kedua browser tersebut.

Melalui aplikasi Google Jamboard di smartphone

Cara yang ketiga dalam mengakses Jamboard by Google adalah melalui smartphone atau tablet. Di playstore atau di appstore, aplikasi Jamboard sudah tersedia.

Anda hanya perlu membuka Playstore atau Appstore kemudian cari Jamboard dan install.

melalui Google Meet

Cara yang keempat dalam mengakses Jamboard adalah melalui Google Meet.

Untuk bisa mengakses Jambord melalui Google Meet langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rapat baru atau ikut rapat yang sudah ada.

Kemudian klik icon Aktivitas seperti ini di pojok kanan bawah. Lalu pilih Papan tulis virtual. Kini Jamboard sudah bisa Anda gunakan di Google Meet secara bersamaan.

Anatomi Google Jamboard

Setelah Anda berhasil mengakses aplikasinya, bagian selanjutnya dalam cara menggunakan Jamboard by Google adalah mengenal anatomi.

Untuk anatominya Google Jamboard pada dasarnya terbagi menjadi 6 bagian, yang diantaranya seperti pada gambar berikut ini :

anatomi : cara menggunakan google jamboard
  1. Judul
  2. Frame
  3. Menu Bar
  4. Tool Bar
  5. Whiteboard/ Papan Tulis
  6. Share Button.

Judul

Silakan klik bagian ini untuk mengganti judul dari papan tulis Anda. Jika Anda tidak menggantinya maka papan tulis akan tersimpan dengan nama default.

Frame

Bagian nomor 2 ini bernama frame. Di sini Anda bisa menambahkan banyak frame. Berdasarkan pengalaman saya, frame ini bisa ditambahkan hingga 20 frame atau disesuaikan dengan jumlah murid yang ada.

Untuk menambahkan atau mengganti frame Anda bisa klik tanda < atau > .

Menu Bar

Bagian nomor 3 adalah menu bar. Di bagian ini Anda bisa melakukan Undo ataupun Redo. Kemudian bisa melakukan Zoom In dan Zoom Out. Bahkan Anda bisa juga mengganti background dan menghapus fram atau papan tulis.

Tool Bar

Bagian yang nomor 4 adalah tool bar. Di sini ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi dengan Google Jamboard.

Beberapa tools yang ada di sini antara lain :

  1. Pena
  2. Hapus
  3. Pilih
  4. Sticky Note
  5. Tambahkan Gambar
  6. Lingkaran
  7. Kotak Teks
  8. dan Laser.

Di setiap tools ada sub tool lagi. Sebagai contoh di Tool Pena nanti sub tools nya ada Spidol, Stabilo dan juga Kuas.

Untuk berpindah ke masing-masing sub tools Anda bisa klik dan tahan icon tools yang Anda.

White board

Bagian nomor 5 adalah whiteboard atau papan tulis. Bagian ini merupakan bagian utama dari Google Jamboard. Di sini Anda bisa melakukan apapun seperti menulis, menggambar hingga menambahkan gambar. Tentunya dengan memilih tool pada Tool Bar terlebih dahulu.

Share button

Dan bagian yang terakhir adalah share button. Di bagian ini Anda bisa membagikan papan tulis Anda kepada orang lain. Hak aksesnyapun bisa Anda sesuaikan di sini. Apakah mereka bisa mengedit papan tulis atau hanya sekedar melihat saja. Semuanya ada di pengaturan Share ini.

Demo Google Jamboard

Untuk demo bagaimana cara menggunakan Jamboard by Google silakan ikuti panduan yang ada di video berikut ini :

Cara Share Jamboard by Google

Bagian yang terakhir dari artikel cara menggunakan Jamboard by Google adalah tentang bagaimana cara share Jamboard Anda.

Caranya Anda cukup klik tombol Share yang ada di pojok kanan atas. Kemudian selanjutnya Anda bisa membagikan papan tulis digital dengan 2 cara.

Cara yang pertama adalah dengan menginputkan alamat email dari orang-orang yang Anda pilih.

Cara ini relatif lebih aman karena yang bisa mengakses adalah orang-orang yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan membagikan link dan memberikan hak akses pada orang-orang yang mempunyai link dari papan tulis Anda.

Supaya orang lain bisa juga mengedit papan tulis Anda, jangan lupa klik menu Ganti, kemudian ganti hak aksesnya dari Pengakses lihat saja menjadi Editor.

Setelah itu copy link nya dan jangan lupa klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan yang Anda lakukan.

Selanjunya Anda bisa langsung share link tersebut di WhatsApp Group Anda khususnya Gruop Sekolah Anak Anda.

Itulah pengalaman dan cara menggunakan Jamboard by Google yang Saya lakukan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda dalam rangka menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang interaktif.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.