Cara Menghilangkan PopUp Notifikasi Iklan SIM ToolKit Kartu 3

Keberadaan pop up notifikasi bisa menjadi sebuah fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone. Namun fitur ini disalahgunakan oleh provider untuk menjejali pelanggannya dengan iklan. Tidak jarang setelah klik OK pengguna tersebut langsung terdaftar di layanan tertentu dan secara otomatis akan memangkas habis pulsanya.

Setidaknya itulah yang sempat saya alami ketika menggunakan layanan dari kartu 3. Saya tidak sengaja tap tombol OK pada pop notifikasi dan setelah itu pulsa saya terpotong untuk biaya konten berlangganan. Untuk langganannya apa saya lupa tepatnya apa. Tahu-tahu pulsa habis padahal paket internet masih lama dan masih banyak koutanya.

Mengapa pop up notifikasi berisi iklan bisa muncul?

Saya pikir pop up notifikasi ini tidak bisa hilang dan ini merupakan bawaan dari smartphonenya. Maklum smartphone yang saya gunakan adalah buatan Tiongkok yang terkenal dengan iklan dan bloatwarenya.

Sampai suatu ketika saya tahu informasi dari artikel berbahasa Inggris bahwa ternyata selama ini saya salah.

Usut punya usut, popun notifikasi berisi iklan ini adalah fitur dari provider 3 lewat aplikasi SIM ToolKit nya. Kebetulan saya pakai Indosat Ooredo di smartphone yang sama, dan tidak pernah muncul pop up notifikasi iklan dari Indosat Ooredo.

Lalu saya cari kesana kemari dan ternyata pop up notifikasi ini bisa dihilangkan atau dinonaktifkan.

Cara Menghilangkan PopUp Notifikasi Iklan SIM Tool Kit Kartu 3

Setelah saya coba dan ternyata sampai hari ini pop up notifikasi iklan tersebut sudah tidak muncul lagi.

Buat Anda yang mungkin juga mengalami hal yang sama dan ingin menghilangkan pop up notifikasi iklan ini silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. Kebetulan ini saya dokumentasikan step by step nya dengan harapan bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya.

1. Cari aplikasi bernama SIM Tool Kit di smartphone (Android) Anda.

2. Pada menu SIM Toolkit Pilih Provider 3.

3. Setelah itu klik opsi Cradle.

4. Kemudian pilih menu Aktivasi > Non Aktifkan.

5. Lakukan konfirmasi penonaktifan dengan klik tombol OK 2x. Pertama pada konfirmasi Tekan OK untuk melanjutkan penonaktifan. Kedua pada konfirmasi Layanan kami telah dinon-aktifkan.

6. Selesai.

Itulah bagaimana cara menghilangkan atau menonaktifkan pop up notifikasi berisi iklan dari kartu 3. Semoga bisa menjadi solusi bagi Anda yang punya masalah seperti saya.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.