Contoh Kop Surat Resmi Perusahaan Dan Cara Membuatnya

Di dalam sebuah perusahaan, surat sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan operasional sehari-hari. Baik itu untuk urusan internal maupun eksternal, surat selalu digunakan untuk berkorespondensi dan berkomunikasi untuk sesuatu yang bersifat resmi.

Salah satu bagian di dalam surat resmi sebuah perusahaan adalah kop surat. Bagian ini menjadi pembeda utama atau yang membedakan surat resmi dengan surat yang tidak resmi.

Selain itu kop surat merupakan bagian paling atas sehingga mau tidak mau itu menjadi bagian yang pertama kali dilihat oleh penerima.

Sebenarnya untuk desain kop surat itu beragam. Ada yang sederhana hingga yang penuh dengan warna.

Sebagian besar contoh kop surat resmi perusahaan yang sudah pernah saya temui punya tampilan yang hampir mirip. Mulai dari layoutnya, elemen-elemennya hingga jumlah barisnya.

Mungkin karena sejak jaman sekolah kita diajarkan oleh Guru bahwa kop surat itu yang seperti itu. Ada logo, ada nama perusahaan atau instansi dan ada alamat lengkap disertai dengan nomor telepon. Ditambah dengan 2 garis di bagian akhir.

Padahal kop surat resmi perusahaan itu tidak harus seperti ini.

Di sini nanti Anda akan melihat contoh kop surat resmi perusahaan mulai dari yang paling umum digunakan hingga tampilan kop surat resmi yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Maka dari itu silakan ikuti dan baca artikel ini sampai habis dan nantinya Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda.

Tidak hanya itu, di artikel ini pun Saya juga akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara membuat kop surat yang disertai dengan video demo nya. Sehingga harapannya bisa memberikan gambaran yang lengkap dan menyeluruh terkait dengan kop surat perusahaan.

Contoh kop surat resmi perusahaan

Berikut ini ada beberapa contoh kop surat resmi perusahaan mulai dari instansi pemerintah, instansi pendidikan, BUMN hingga perusahaan startup yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Contoh kop surat perusahaan Urgene Promotion

contoh kop surat perusahaan

Urgene Promotion adalah sebuah perusahaan advertising yang bergerak dibidang pembuatan merchandise dan materi promosi seperti banner, neonbox dan lain sebagainya.

Dari contoh kop surat di atas Urgene membagi kop suratnya menjadi 2 kolom sama besar. Kolom pertama digunakan untuk logo perusahaan.

Sedangkan di kolom kedua, terdiri dari 2 baris yang digunakan untuk menuliskan nama perusahaannya dan di baris kedua berisi tentang alamat lengkap, nomor telepon dan alamat email.

Di dalam kop surat tersebut Urgene tidak menyertakan garis sebagai pembatas di kop suratnya.

Contoh Kop Surat Resmi Perusahaan Young Entreprenuers Academy

contoh kop surat resmi perusahaan

Contoh kop surat resmi perusahaan bersumber dari Young Entrepreneurs Academy (YEA). YEA merupakan sebuah lembaga pelatihan kewirausahaan untuk anak muda yang berpusat di Bandung.

Pada kop suratnya YEA membagi menjadi dua kolom sama besar. Kolom yang pertama diisi dengan logo. Sedangkan kolom kedua untuk nama perusahaan dan alamat.

Secara layout ini mirip dengan contoh kop surat resmi yang pertama. Namun bedanya adalah nama perusahaan ukuran font nya disamakan dengan alamat dan nomor telepon. Selain itu perataan teks nya juga lebih rapi.

Dan perbedaan mencoloknya ada pada penggunaan garis bawah di bawah alamat. Mungkin ini berbeda dengan kop surat pada umumnya yang memanjang dari kanan ke kiri. Sedangkan kop surat milik YEA ini hanya setengah bagian saja.

Contoh kop surat resmi Kementerian Pendidikan Republik Indonesia

contoh kop surat perusahaan kementerian

Sebagai lembaga milik pemerintah, sepertinya desain dari kop surat Kemendikbud sangat sederhana. Hanya hitam dan putih serta garis horisontal. Sangat berbeda dengan 2 perusahaan sebelumnya yang nampak fullcolor dan meriah,

Kalau KIta perhatikan, contoh kop surat dari Kemendikbud ini terdiri dari dua kolom. Dimana kolom yang kanan ukurannya lebih besar dari kolom yang kirim.

Sedangkan dari komposisi kontennya sama, yaitu di kolom pertama berisi logo. Sedangkan di kolom kedua berisi nama instansi dan alamatnya.

Kemudian dari perataan teksnya, kop surat resmi lembaga pemerintah biasanya menggunakan rata tengah. Dan kemudian diakhiri dengan garis horisontal penuh sebagai batas dengan bagian selanjutnya.

Contoh kop surat resmi universitas diponegoro

contoh kop surat resmi perusahaan universitas

Contoh kop surat resmi berikutnya adalah dari Universitas Diponegoro.

Layout kop surat ini mungkin agak berbeda dengan yang sebelumnya.

Perbedaannya terletak pada jumlah kolom yang digunakan.

Pada kop surat resmi ini, Universitas Dipnegoro menggunakan 3 kolom. Dan biarpun ini kampus negeri, tetapi Undip membuat kop suratnya mirip dengan perusahaan swasta yang penuh warna.

Pada kolom pertama ada logo universitas. Di kolom kedua berisi nama instansi. Sedangkan kolom ketiga berisi alamat, email dan nomor telepon.

Pada contoh kop surat resmi ini juga tidak ada garis horisontal sebagai pembatasnya dengan bagian surat lainnya.

Contoh kop surat resmi perusahaan layanan pajak dan akuntasi : Kadena Sinar Solusi

Contoh kop surat resmi perusahaan yang ini terasa sekali perbedaannya dengan contoh-contoh sebelumnya.

Kop surat ini menggunakan background bergradasi yang didominasi warna biru. Sehingga memberikan kesan yang modern dan mewah.

Sedangkan dari komposisinya juga berbeda denga contoh kop surat pada umumnya. Di sini Kadena Sinar Solusi hanya menyertakan logo, nama perusahaan dan juga tag line/jenis layanannya.

Tidak ada alamat, email, nomor telepon dan juga garis horisontal sebagai pembatas.

Itulah contoh kop surat resmi perusahaan yang mungkin bisa Anda jadikan contoh. Semoga memberikan inspirasi bagi Anda.

Dibagian berikutnya Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara membuat kop surat dengan logo menggunakan Google Docs sebagai pengganti Microsoft Word.

Kenapa Google Docs? Jawabannya sederhana saja, karena saya tidak pakai MS Word.

Sumber gambar : dokumen pribadi.

featured image : Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.