Virus corona sudah masuk dan mulai menyebar di Indonesia. Biarpun virus corona ini tidak terlalu mematikan, tapi penyebarannya yang sangat cepat dan luas tentu saja menjadi perhatian semua pihak, tak terkecuali saya yang cuma rakyat biasa.

Dalam kasus dan situasi seperti ini, keterbukaan informasi menjadi sebuah keharusan, baik dari pemerintah, masyarakat maupun media.

Hanya saja, saking banyaknya informasi yang ada dan kemudahan mengaksesnya, terkadang membuat kita menjadi bingung, berita mana yang harus kita pilih dan percaya. Kalau tidak jeli, bisa-bisa malah kita terkena hoax yang justru hanya akan membuat suasana semakin keruh dan tidak kondusif.

Paling mudah dalam mengikuti perkembangan tentang virus corona di Indonesia ini adalah lewat portal berita online. Mereka punya tim yang bisa dengan cepat melaporkan perkembangan di lapangan.

Hanya saja, terkadang mereka dalam menyajikan berita cenderung berlebihan. Misalnya, 1 fakta atau 1 berita bisa disajikan dalam berbagai macam angle.

Belum lagi kontennya sangat sedikit dan itu diulang lagi dikonten yang lainnya. Isinya hampir sama, cuma beda judulnya saja. Sehingga ini jutsru malah membuat orang yang baca jadi bingung.

Setidaknya itulah keresahan yang saya rasakan dalam mengikuti perkembangan informasi virus corona sejauh ini.

Situs Terpercaya Untuk Pantau Update Informasi Virus Corona di Indonesia

Beruntung beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan info tentang beberapa situs yang bisa menjadi rujukan dalam mengupdate perkembangan informasi virus corona di Indonesia. Mereka menjadikan informasinya secara kronologis dan tidak membuat banyak angle. Mereka fokus pada data di lapangan dan menyajikannya secara gamblang.

Adapun situs-situs yang saya maksud antara lain :

Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sebenarnya situs milik pemerintah pusat ini tidak hanya untuk virus corona saja. Ada info tentang deman kuning, ebola, virus zika dan lain sebagainya.

Namun untuk saat ini yang mereka fokuskan adalah tentang virus corona.

Setiap hari ada konten atau informasi tentang virus corona. Hanya saja dari segi tampilan sangat jauh dari kata layak, mengingat ini adalah situs resmi milik pemerintah yang menjadi rujukan resmi dan utama perkembangan informasi.

Belum lagi dijam-jam tertentu konten-kontennya tidak bisa dibuka seperti pada gambar berikut ini :

Kawal Covid 19

Situs kedua yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan update informasi virus corona di Indonesia adalah Kawal Covid 19. Tapi kalau bagi saya pribadi, situs ini adalah rujukan pertama saya dalam melihat perkembangan informasi virus corona di Indonesia.

Tidak seperti situs milik Kementerian Kesehatan RI, Kawal Covid 19 ini merupakan situs independen yang turut melaporkan dan merangkum perkembangan informasi. Juga ada tips dan beberapa link yang terkait dengan informasi virus corona ini.

Kelebihan dari situs ini adalah aksesnya cepat, tampilannya menarik dan yang paling penting penyajian informasinya sangat jelas. Terlebih lagi di situs ini adala tabel yang isinya data-data penyebaran virus corona, sehingga ini bisa memberikan gambaran kepada kita tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Kasus Harian Covid 19

Situs ketiga yang bisa Anda jadikan rujukan juga adalah Kasus Harian Covid 19.

Ini sama persis dengan situs Kawal Covid 19 karena mungkin masih satu atap. Bedanya adalah di situ ini penyajian data dan informasinya lebih bagus sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami oleh oranh awam sekelipun.

Jakarta Tanggap COVID-19

Bagi Anda warga DKI Jakarta, situs resmi milih Pemda DKI tentang virus corona ini bisa menjadi situs rujukan untuk Anda.

Di situs ini terdapat nomor telepon yang bisa Anda hubungi apabila Anda :

  • Anda mengalami gejala COVID-19
  • Anda baru-baru ini berkunjung ke suatu negara atau daerah dengan risiko tinggi coronavirus
  • Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan coronavirus.

Ditambah lagi ada infografik yang akan menambah wawasan Anda tentang virus corona ini.

Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Jawa Barat

  1. Nama situs : Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Jawa Barat
  2. Url : https://pikobar.jabarprov.go.id/.

Bagi Anda warga Jawa Barat, untuk mengupdate infornasi tentang virus corona silakan buka Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Jawa Barat.

Sama seperti situs lainnya, situs milik Pemerintah Daerah Jawa Barat ini juga mempunyai data-data terkait dengan corona virus.

Ditambah lagi pada halaman ini juga terdapat kontak dan alamat dari rumah sakit yang akan memberikan bentuan untuk menangani corona virus ini.

Itulah 4 situs terpecaya yang bisa Anda gunakan untuk mengupdate informasi tentang corona virus di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.