5+ Digital Marketing Life Hacks Paling TOP Yang Wajib Anda Gunakan Untuk Memudahkan Pekerjaan Sebagai Seorang Blogger

Bismillah..

Halo, selamat datang di blog saya. Perkenalkan, nama saya Muhammad Sholeh, Anda bisa memanggil saya dengan Sho atau Sholeh saja.

Saya adalah seorang Blogger Indonesia yang bekerja sebagai content writer sekaligus SEO Specialist di sebuah startup yang bernama KIRIM.EMAIL.

Kalau Anda pernah mendengar istilah Email Marketing, maka KIRIM.EMAIL ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan email marketingnya. Kalau di dunia nyata, mungkin sama seperti Kantor Pos kali ya? Anda yang menulis suratnya, kami yang mengirimkan surat Anda ke alamat penerimanya.

Merangkap profesi sebagai seorang blogger, content writer sekaligus SEO Specialist tentu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Menulis konten yang bagus saja sudah menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi saya. Apalagi ini ditambah dengan melakukan optimasi SEO, supaya apa yang sudah saya tulis bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Kalau bukan karena ijin Alloh, passion dan digital marketing life hacks, mungkin saya sudah menyerah sejak dulu.

Atas Ijin Alloh

Sekeras apapun kita berusaha dan sebanyak apapun kita mencoba melakukan sesuatu, kalau Alloh tidak mengijinkan ya tidak akan pernah kita sampai pada hasil yang kita inginkan. Namun saya beruntung, Alloh sudah mengijinkan saya melewati jalan yang saya pilih hingga pada posisi sekarang ini.

Pernah suatu kali saya mencoba jalan lain selain SEO dalam mendatangkan traffic website. Jalan yang saya tempuh adalah dengan menjalankan Facebook Ads. Saya kira dari segi keilmuan, saya cukup paham bagiamana menjalankan Facebook Ads. Namun karena Alloh tidak mengijinkan saya di jalan itu, sebarapapun saya mencobanya dan berusaha ya hasilnya tetap sama saja, boncos. Uang habis tapi gak dapat apa-apa.

Bahkan di KIRIM.EMAIL saya pernah menulis tentang bagaimana beriklan di Facebook Ads. Jika Anda cari di Google dengan kata kunci terkait Facebook Ads seperti :

  • cara membuat iklan di Facebook Ads
  • cara membuat iklan di facebook secara gratis
  • cara menggunakan iklan di facebook
  • dll.

Hasilnya, artikel yang saya tulis berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Kalau kita lihat persaingannya ada di angka lebih dari 70 juta hasil pencarian. Dari hasil inilah kemudian saya meyimpulkan kalau jalan SEO adalah yang Alloh ijinkan untuk saya, bukan Facebook Ads.

 

Passion

Bagi saya passion itu seperti api yang tak pernah padam. Dalam pekerjaan saya sebagai seorang content writer dan SEO specialist tentu tidak selamanya saya bersemangat.

Ada kalanya saya mengalami bosan dan jenuh. Bahkan pernah pula saya mengalami masa-masa tidak produktif dalam menulis selama lebih dari 1 minggu. Semakin saya mencoba dan memaksa menulis, makin tidak bisa muncul ide apa yang harus saya tulis.

Namun saya bersyukur hal ini tidak berlangsung lama. Hal ini saya yakini karena adanya passion yamg kuat terhadap dunia yang saya geluti selama ini.

Digital Marketing Life Hacks

Hal lainnya yang membuat saya bertahan hingga saat ini sebagai seorang blogger, content writer sekaligus seo specialist adalah digital marketketing life hacks.

Bagaimana tidak, dengan mempraktekkan digital marketing life hack pekerjaan saya jadi terasa ringan dan mudah.

Jika Anda juga seorang blogger, content writer atau seo specialist seperti saya, maka beberapa digital marketing life hacks berikut ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

Owh iya sebelum kita lanjut, mungkin Anda bertanya-tanya tentang apa itu digital marketing life hacks? 

Menurut pendapat saya digital marketing life hacks adalah cara atau metode yang mampu menjadikan pekerjaan dalam bidang digital marketing menjadi lebih ringan dan mudah.

Dalam pekerjaan, saya cukup sering menggunakannya supaya lebih mudah dalam mengerjakannya sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesainya.

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi kepada Anda apa saja digital marketing life hacks. Beberapa diantaranya saya gunakan hampir setiap hari. Berikut rinciannya.

#1 Bingung nyari nama domain? pakai ini saja

Sebagai seorang digital marketer, nama domain menjadi salah satu hal yang penting. Nama domain adalah sebuah identitas, merek ataupun asset digital. Karenanya dalam memilihnya tidak bisa sembarangan.

Terkadang karena terlalu berhati-hati memilih nama domain bisa berhari-hari. Sehingga sangat memakan waktu.

Namun dengan aplikasi yang bernama Namemesh, Anda bisa mencari ide nama domain dengan sangat mudah, bahkan yang tidak pernah Anda pikirkan sekalipun.

Untuk caranya silakan ikut langkah-langkan berikut ini :

  1. buka website https://namemesh.com.
  2. ketik kata kunci yang ingin Anda bidik atau brand Anda sendiri pada kotak pencarian.
  3. hilangkan centang pada bagian Show Best Offer.
  4. klik tombol Generate untuk memulai mendapatkan ide.
  5. Setelah itu akan muncul banyak sekali ide nama domain yang bisa Anda pilih dalam beberapa kategori, seperti Common, New, Short, Extra, Similar, SEO, Fun, Mix hingga Premium.Untuk sementara abaikan terlebih dulu ekstensi domainnya. Kita akan mencari ekstensi domain yang tepat dengan digital marketing life hacks yang lainnya.Dari hasil generate ini sayapun akhirnya menemukan ide untuk nama domain, yaitu digitalmarketingpage dan digitalmarketingholic.

#2 Melihat ekstensi domain yang tersedia dalam 1 halaman

Setelah kita mendapatkan ide nama domainnya, digital marketing life hacks berikutnya adalah melihat ekstensi domain yang tersedia dalam 1 halaman.

Ini mungkin terkesan remeh, tapi pada kenyataannya tidak semua penyedia domain memberikan fitur ini. Berdasarkan pengalaman saya, hanya ada beberapa saja, dan salah satunya adalah Domainesia.

Domainesia ini adalah penyedia domain, hosting dan juga VPS Indonesia yang bisa Anda perhitungkan.

Ketika berburu domain, saya cukup sering menggunakan Domainesia untuk mencari ekstensi domain yang tersedia.

Untuk melihat ekstensinya Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka https://domainesia.com.
  2. Ketika nama domain yang Anda inginkan.
  3. Klik tombol Cari, untuk sementara akan muncul 8 ekstensi domain yang bisa Anda pilih.
  4. Jika masih kurang banyak, silakan klik tombol Lihat promo domain selengkapnya.

  5. Dan hasilnya, ada banyak ekstensi domain yang bisa Anda lihat dalam satu halaman seperti pada gambar di bawah ini.

#3 Bikin Blog Atau Website Lainnya Gak Perlu Ribet

Setelah Anda dapat nama domain beserta ekstensinya, digital marketing life hacks berikutnya adalah membuat blog tanpa ribet.

Biasanya untuk membuat blog itu harus sewa hosting dulu, lalu melakukan konfigurasi blog di cpanelnya, kemudian baru bisa menulis blog atau mempercantiknya.

Bagi sebagian orang, terutama yang tidak punya latar belakang ilmu per-website-an, proses tersebut cukup ribet dan membingungkan. Apalagi jika Anda menggunakan VPS, prosesnya lebih ribet lagi.

Tapi dengan digital marketing life hacks berikut ini Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara settingnya. Anda cukup isi form, lakukan pembayaran dan tahu-tahu blog Anda sudah ada dengan sendirinya.

Owh iya, untuk harganya murah kok, mulai dari Rp40.000 per bulan Anda sudah bisa punya blog tanpa ribet. Terlebih lagi ada garansi  100% uang kembali jika Anda tidak puas terhadap layanan yang diberikan.

Mau tahu caranya? langsung saja ikuti cara berikut ini.

  1. Buka halaman https://www.domainesia.com/apps/
  2. Scroll sedikit ke bawah, lalu pilih aplikasi web yang ingin Anda buat, kemudian klik tombol Activate.
  3. Kemudian akan muncul semacam form pemesanan. Di sini silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya lokasi server, siklus berlangganan, domain yang Anda inginkan username dan password blog Anda.
  4. Jika sudah silakan klik tombol Masukkan Troli dan ikuti proses selanjutnya. Lalu lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera dan tunggu maksimal 1×24. Setelah itu blog Anda akan langsung bisa diakses.

#4 Download Template Keren Gak Pake Bayar – 100% Halal

Berikutnya, digital marketing life hacks ini adalah tentang template. Kalau Anda pakai WordPress sebagai CMSnya, maka Anda butuh template atau theme. Untuk mendapatkan template blog sebenarnya Anda bisa mengunjungi WordPress.org/themes. Akan tetapi theme yang ada di sana mungkin sudah terlalu mainstream dan feelnya itu-itu saja.

Jika Anda ingin nuansa yang berbeda, Anda bisa mencari dan download template kerena tapi tidak perlu bayar. Dan saya jamin ini 100% halal.

Caranya silakan ikutin langkah berikut ini.

  1. Buka halaman https://justfreethemes.com/.
  2. Ketik kata kunci yang Anda inginkan pada kotak pencari (opsional).
  3. Pilih kategori template yang Anda inginkan (opsional).
  4. Klik tombol Find Theme.
  5. Dan hasilnya bisa Anda pilih dan download sesuai dengan keinginan Anda.

#5 Beli Plugin dan Template Premium Mulai Dari $4.99 – Legal dan Insya Alloh Halal

Digital marketing life hacks berikutnya adalah beli plugin atau template dengan sangat murah. Jika kita beli plugin atau template di Themeforest atau Codecanyon, bagi sebagian blogger mungkin harganya terlalu tinggi.

Tapi dengan cara ini kita bisa mendapatkan template atau plugin yang harganya puluhan dollar dengan harga yang lebih murah, mulai dari $4.99 saja. Setelah saya pelajari ternyata cara ini adalah cara yang legal, aman dan tidak melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka halaman https://www.gplplus.com/.
  2. Ketik nama template atau plugin yang Anda inginkan.
  3. Klik icon search.
  4. Pilih hasilnya sesuai yang Anda inginkan lalu lakukan pembayaran.

#6 Bikin Headline Menggoda Tanpa Mikirin Biaya

Dalam membuat konten blog, mencari ide headline yang tepat dan menarik perhatian pembaca, menjadi hal yang tersulit bagi saya. Headline adalah faktor penentu seseorang akan melanjutkan membaca atau tidak. Karenanya headline bisa dikatakan sebagai pertaruhan para konten kreator.

Jika Anda ragu dalam membuat headline yang menarik, Anda bisa menggunakan digital marketing life hacks berikut ini.

  1. Klik kata yang bergarisbawah berwarna merah.
  2. Pada bagian hal yang paling diinginkan silakan ganti kata tersebut dengan kata-kata Anda sendiri. Contoh : belajar bikin blog. Lalu klik tombol Simpan dan tutup.
  3. Kemudian secara otomatis, kata yang punya karakter sama akan berganti secara otomatis. Anda tinggal menyesuaikan kata-kata yang dirasa belum pas.
  4. Kalau Anda cermati, judul konten ini juga merupakan hasil generate dari aplikasi digital marketing life hacks ini. Tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Anda mau tahu aplikasi apa yang saya gunakan? Silakan langsung saja kunjungi https://skrip.in. 100% Gratis.

#7 Migrasi hosting tanpa ribet dan anti gagal

Bagi blogger yang blognya menggunakan hosting sendiri, terkadang pindah-pindah hosting menjadi hal yang biasa. Jika Anda mulai tidak nyaman dengan hosting yang Anda gunakan, ada baiknya Anda pindah ke penyedia layanan hosting terbaik secepat mungkin. Hanya saja proses perpindahan hosting itu butuh pengetahuan teknis yang cukup tinggi. Karena di sana ada proses membuat dan memindahkan database yang melibatkan aplikasi MySQL.

Salah sedikit saja dalam mengkonfigurasi MySQL ini bisa berakibat fatal terhadap website yang akan dimigrasi. Karenanya kita butuh digital marketing life hacks yang bisa memudahkan hal ini.

Caranya silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka halaman https://www.domainesia.com/migrasi/.
  2. Isi form yang tersedia dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  3. Klik tombol migrasikan Hosting Saya.
  4. Ikuti prosesnya dan lakukan pembayaran. Setelah itu migrasi hosting Anda akan segera diproses. Sehingga Anda tidak perlu repot dan tidak perlu menanggung resiko gagal.

Itulah beberapa digital marketing life hacks yang mungkin berguna untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan Anda. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu lagi di konten blog saya berikutnya.

*Ms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.