Cara Edit Background Foto Produk Yang Menarik

Pada halaman ini saya akan sedikit berbagi tentang cara edit background foto produk yang menarik. Sebelum bergabung di KIRIM.EMAIL, saya dulu pernah menjalankan sebuah toko online. Di toko online tersebut hanya ada beberapa hal seperti foto produk, deskripsi produk dan cara membelinya (CTA).

Dari ketiga hal tersebut foto produk adalah yang paling mempengaruhi keputusan orang dalam membeli. Percuma saja kita punya produk yang murah, deskripsi lengkap, CTA jelas tapi gambar atau foto produknya tidak ada. Atau kalaupn ada gambarnya pecah, anglenya tidak menarik, dan terkesal asal jepret saja juga akan menurutkan minat orang untuk membeli.

Dengan adanya foto produk, pembeli bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk yang akan dia beli. Bagaimana bentuk/modelnya, apa warnanya, teksturnya seperti apa, ukurannya besar atau kecil bisa terlihat jika ada foto produknya.

Maka dari itu tidak mengherankan jika di marketplace, sosial media dan toko online milik brand-brand ternama banyak kita temui foto produknya menarik dan bagus-bagus. Hal ini selain untuk memberikan gambaran tentang produk yang dijual juga untuk memberikan kesan berkualitas dan profesional.

Foto Produk Yang Menarik Untuk Reseller dan Dropshipper

Konteks yang saya bahas di atas adalah tentang foto produk dimana kita sebagai produsen atau pemilik brand. Namun untuk reseller ataupun dropshipper foto produk bukan menjadi hal yang sulit.

Hal ini dikarenakan foto produk yang menarik sudah disediakan oleh para produsen atau distributornya. Sehingga kita tinggal menggunakannya saja. Tidak perlu repot-repot untuk mencari model, menyewa studio atau bahkan menghire fotografer profesional.

Namun dibalik kemudahan mendapatkan foto produk untuk reseller dan dropshipper ini ada juga kelemahannya lho. Kelemahannya adalah foto produk yang menarik dari produsen sudah tentu tidak unik lagi. Apalagi jika sang produsen membuka kesempatan untuk menjadi reseller ataupun dropshipper. Sehingga 1 foto produk bisa dipakai untuk banyak orang.

Coba kita bayangkan apabila foto produk ini kemudian diupload di marketplace. Produknya sama, foto produknya juga sama, produsennya sama, para reseller dan dropshippernya juga sama-sama jualan di marketplace. Untuk contohnya bisa Anda perhatikan gambar di bawah ini.

gambarnya sama, lokasi sellernya berbeda

gambarnya sama, lokasi sellernya berbeda

Maka dari itu supaya foto produk yang menarik itu tetap unik maka kita perlu melakukan editing, terutama pada bagian backgroundnya. Jadi biarpun foto produknya bersumber dari 1 supplier atau produsen, foto yang kita miliki tetap unik karena sudah kita lakukan editing.

Caranya bagaimana? Silakan simak artikel sampai akhir ya. 🙂

2 Jenis Foto Produk

Jika kita perhatikan gambar produk yang ada di marketplace, kita akan selalu menemukan paling tidak 2 jenis foto produk. Yang pertama adalah foto produk dengan background polos dan yang kedua adalah foto produk dengan background yang sedikit ramai dan warna-warni.

2 background foto produk ini ternyata bukan asal foto dan asal upload begitu saja. Ada maksud dari penggunaan background yang berbeda itu.

Big Commerce, salah satu platform toko online, di dalam blognya menyebutkan ada 2 jenis foto produk yang harus kita gunakan dalam setiap saluran pemasaran. 2 jenis foto produk tersebut antara lain :

  • Hanya foto produk saja
  • Foto dalam konteks atau gaya hidup

Foto produk jenis 1 : hanya foto produk saja

Untuk foto produk jenis 1 ini biasanya mempunyai ciri-ciri sederhana, punya background warna putih, hitam atau abu-abu dan kontennya hanya foto produk saja, tidak ada yang lain.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini :

contoh foto produk jenis 1

contoh foto produk jenis 1

Gambar di atas saya ambil dari Shopee dengan brand Tomkins dan tipe nya adalah Shelley.

Foto produk jenis ini bertujuan untuk menampilkan produk dari semua sudut/posisi dengan cahaya terbaik. Selain itu foto produk jenis ini sangat cocok ditempatkan pada halaman produk bukan di sosial media.

Karena menurut Big Commerce jenis foto produk seperti ini akan memberikan konversi yang lebih baik daripada jenis foto yang kedua nanti jika ditempatkan pada halaman produk.

Foto produk jenis 2 : Foto dalam konteks atau gaya hidup

Sedangkan foto produk jenis 2 adalah foto dalam konteks atau gaya hidup. Foto produk jenis ini menunjukkan produk Anda sedang digunakan dalam kondisi yang pas dalam menggunakannya.

Kalau Anda jualan sepatu casual maka fotonya adalah sepatu saat santai dan tidak formal. Kalau yang Anda jual adalah sambal yang pedas, maka fotonya adalah orang yang sedang makan dan kepedasan.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini :

foto produk jenis 2

foto produk jenis 2

Foto di atas saya ambil dari Instagram @skechersidn. Skechers adalah sebuah merek foot wear favorit saya. Sangat nyaman dipakai dan cocok untuk segala macam suasana.

Foto produk jenis 2 ini mempunyai background yang berlawanan dengan jenis 1 tadi. Umumnya foto produk jenis 2 ini digunakan untuk sosial media, blog atau email. Selain foto produk saja Anda juga bisa menambahkan teks pada foto produk ini.

Foto produk ini ada dengan tujuan untuk membangun cerita, mengingkatkan engagement dan emosi.

Jadi berdasarkan pembagian jenis foto produk ini, Anda bisa menggunakan foto produk dengan background putih di halaman produk Anda. Sedangkan untuk foto produk yang sedang dipakai Anda bisa menggunakannya di sosial media, blog ataupun email.

 

Cara Edit Background Foto Produk Yang Menarik

Sekarang tibalah saatnya pada bagian utama dari artikel ini, yaitu cara edit background foto produk yang menarik. Hasil akhir dari tutorial ini adalah kita bisa membuat foto produk jenis 1. Tujuannya nanti untuk diupload di marketplace atau di halaman produk pada toko online.

Untuk cara edit background foto produk ini terbagi menjadi 2 tahap. 2 Tahap antara lain:

  1. menghilangkan background
  2. mengganti dengan background yang lain

Kita mulai dari cara yang pertama.

Menghilangkan background foto produk

Untuk menghilangkan background foto produk ini bisa menggunakan banyak cara. Anda bisa menggunakan photo editor seperti Adobe Photoshop, GIMP dan aplikasi sejenis.

Namun untuk menggunakan aplikasi tersebut dibutuhkan skill untuk menghilangkan background foto produk. Kalau backgroundnya hanya terdiri dari satu atau dua warna maka bisa dengan sangat mudah kita menghapusnya. Tetapi jika backgroundnya komplek maka kita butuh skill lebih untuk bisa menghilangkan background pada sebuah foto produk.

Tapi tenang, bagi Anda yang tidak jago menggunakan Photoshop atau GIMP tidak perlu khawatir. Karena saat ini ada sebuah layanan gratis yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan background foto produk. Biarpun gratis tetapi hasil yang kita dapatkan tidak kalah dengan menggunakan Photoshop.

Caranya menghilangkan background foto produk adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Siapkan foto produk yang ingin Anda hilangkan backgroundnya. Sebagai contoh saya saya ambil produk dari Skechers berikut ini :

sepatu skechers

sepatu skechers

Langkah 2 : buka browser dan ketik https://www.remove.bg di address bar. Ini juga bisa dilakukan lewat smartphone Anda. Setelah terbuka akan muncul halaman seperti berikut ini.

homepage remove.bg

homepage remove.bg

Langkah 3 : pilih tombol Select a photo dan cari lokasi Anda menyimpan foto yang sudah disiapkan. Setelah itu upload foto produk dan tunggu prosesnya. Jika sudah selasai maka akan muncul seperti berikut ini :

perbandingan produk dengan background dan yang tidak

perbandingan produk dengan background dan yang tidak

Langkah 4 : Klik tombol Download untuk mendownlod foto produk tanpa background (transparan).

Mengganti dengan background lain

Setelah Anda berhasil menghilangkan background pada foto produk, cara berikutnya pada tutorial edit background foto produk yang menarik ini adalah mengganti dengan background lain. Penggantian background ini bertujuan supaya unik dan beda dengan gambar aslinya.

Untuk cara mengganti background lain caranya juga sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 5 : Pada halaman ini silakan Anda klik tombol Edit.

klik tombol Edit

klik tombol Edit

Langkah 6a : Lalu muncul pop up seperti berikut ini. Untuk mengganti warna background klik tab Color lalu pilih warna yang Anda inginkan atau kode hexadecimalnya. Lalu klik OK.

Contohnya seperti pada gambar berikut ini :

mengganti background berupa warna

mengganti background berupa warna

Langkah 6b : Selain background berupa warna kita juga bisa mengganti background berupa gambar. Caranya Anda klik tab Photo. Untuk background berupa gambar ini caranya ada 2.

  • Cara yang pertama adalah menggunakan gambar yang sudah tersedia.
  • Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan gambar yang kita punya sendiri, lalu menguploadnya.

Contohnya adalah sebagai berikut :

foto produk dengan background gambar

foto produk dengan background gambar

Setelah itu kita juga bisa menjadikan backgroundnya menjadi blur.

Langkah 7 : Jika editingnya dirasa sudah cukup kemudian klik tombol Save untuk menyimpan foto produknya.

klik tombol Save

klik tombol Save

Lalu hasilnya adalah sebagai berikut :

sepatu skechers dengan background

sepatu skechers dengan background

 

sepatu skechers background putih

sepatu skechers background putih

Seperti itulah tutorial cara edit backgorund foto produk yang menarik. Sebagai tambahan ini nanti akan kami tambhan 10 ide background foto produk yang bisa kita gunakan. Mudah-mudahan bermanfaat dan jika Anda berkenan silakan share tulisan ini. Terima kasih dan sampai bertemu di tulisan berikutnya.

*Ms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *