Google Photos, Solusi Melegakan Internal Storage Android

Pada halaman ini ada review singkat tentang salah satu produk Google yang menjadi solusi dari permasalahan saya terkait dengan melegakan internal storage Android. Nama produk Google tersebut adalah Google Photos.

Namun sebelum saya mereview apa dan bagaimana Google Photos itu, saya cerita sedikit tentang permasalahan dalam melegakan internal storage Android dulu ya..

Melegakan Internal Storage Android

Saya adalah seorang pengguna smartphone Andorid yang cukup lama. Selama menggunakan smartphone Android, ada satu kendala yang selalu muncul setiap kali berganti merek dan tipe smartphone. Kendala itu adalah internal storage Android yang cepat penuh.

Mungkin masalah ini bisa teratasi dengan menggunakan SD Card. Tetapi saya memilih tidak menggunakan cara ini. Alasannya karena dulu pernah punya pengalaman buruk menggunakan SD Card. SD Card yang saya pakai justru malah membuat smartphone menjadi hang saat membuka file yang tersimpan di SD Card tersebut. Padahal yang saya pakai SD Cardnya yang Class 10.

Saya gak tahu apa penyebabnya. Tapi yang jelas, sejak saat itu saya tidak pernah lagi menggunakan SD Card di semua smartphone yang saya miliki. Saya hanya mengandalkan internal storage Android saja sebagai media penyimpanan file.

Hari ini masalah internal storage ini kembali muncul. Setelah beberapa hari smartphone saya digunakan si bocil untuk install game yang aneh-aneh, internal storage android menjadi penuh. Sehingga dampaknya kinerja smartphone menjadi lambat. Supaya kinerjanya menjadi baik lagi, maka perlu untuk melegakan internal storage Android.

Satu-satunya cara untuk melegakan internal storage Android adalah dengan menghapus file yang tersimpan. Mau gak mau harus ada file video ataupun foto yang harus di hapus. Tapi mengingat saya belum sempat memilah-milah mana foto yang perlu dihapus dan mana yang perlu dipertahankan, saya urungkan dulu niat untuk menghapus foto. Smartphonenya lemot bentar gakpapa.

Sebelum menghapus foto dan video ini saya berpikiran akan lebih bagus jika foto dan video ini disimpan secara online saja di cloud. Awalnya saya punya ide untuk menyimpannya di layanan image hosting seperti Flickr atau Imgur atau Imgbox. Tetapi entah kenapa saya kok tidak sreg pakai layanan image hosting tersebut untuk menyimpan foto-foto dan video saya.

Kemudian, saya kepikiran untuk menggunakan cloud storage seperi Google Drive, OneDrive ataupun DropBox. Namun setelah saya pertimbangkan lagi, saya juga gak jadi pake cloud storage ini. Pertimbangannya adalah nanti tercampur dengan file-file yang lainnya. Yang saat ini saja belum rapi gimana nanti kalau digabung sama foto dan video? Itulah pertimbangan saya.

Google Photos

Lalu saya cari-cari lagi dan munculah beberapa artikel tentang Google Photos. Setelah saya baca reviewnya dan juga landing page nya Google Photos, ternyata saya merasa cocok dengan Google Photos ini. Sehingga saya coba pakai saja dan ternyata aplikasinya juga sudah terinstall di smartphone. Jadi tinggal pakai saja.

landing page Google Photos

Sekedar informasi Google Photos ini adalah sebuah layanan dari Google dimana kita bisa mengupload, menyimpan dan mengelola semua foto dan video yang kita miliki ke servernya Google. Sehingga foto-foto yang kita simpan di smartphone ataupun hard disk tidak akan lagi membebani internal storage kita.

Dan yang membuat saya mau mencoba Google Photos ini adalah kapasitas yang ditawarkan itu unlimited alias tidak terbatas. Hanya saja ada syaratnya, yaitu file yang terupload tidak pada resolusi penuh. Namun misalkan Anda menginginkan resolusi penuh juga bisa. Hanya Google Photos membatasinya sebanyak 14 GB saja.

google photos - melegakan internal storage android

Selain unlimited, Google Photos juga bisa diakses lintas device dan lintas platform. Jadi ketika mau mengcopy foto dari smartphone ke laptop, tinggal upload saja ke Google Photos dan dari laptop tinggal mengambilnya. Begitu juga sebaliknya sehingga dengan demikian internal storage Android tidak cepat penuh.

 

Melegakan Internal Storage Android dengan Google Photos

Dalam proses melegakan internal storage Android ini solusinya adalah Google Photos. Pertama-tama kita cek dulu berapa internal storage yang tersisa. Sebagai contoh pada smartphone saya ini, space internal storage Androidnya tinggal 85%.

space internal storage

Setelah itu saya buka aplikasi Google Photos, lalu pilih opsi yang unlimited dan segera Google Photos akan melakukan backup terhadap foto dan video kita. Pada saat membackup ini kita bisa menghapus foto dan video yang ada di internal storage Android kita.

backup foto dan bisa dihapus

Lalu setelah itu saya hapus semua foto dan video yang ada di smartphone saya dengan klik tombol Free Up, dan hasilnya setelah dihapus sebagai berikut :

intenal store jadi 69 persen

Jadi saat ini setelah proses melegakan internal storage Android, kapasitasnya yang semula 85% kini menjadi 69%. Turun 16% sedangkan foto dan video kita tetap aman di Google Photos.

Dan yang lebih enak lagi, dengan Google Photos saya bisa lebih leluasa memilih mana foto/ video yang mau dipertahankan dan mana foto/ video yang mau dihapus. Karena saya bisa menggaksesnya di laptop karena layarnya lebih besar dan lebih lega.

Begitu review singkat saya diย Google Photos, solusi melegakan internal storage Android. Terima kasih sudah menyimak. Silakan di share supaya bermanfaat untuk orang lain yang ingin melegakan internal storage Android nya. Sampai bertemu di tulisan saya berikutnya. ๐Ÿ™‚

*Ms.

2 Comments

    • Muhammad Sholeh

      Jos bener mas Wily ini ๐Ÿ™‚ saya aja Google drive yg free aja belum habis kuotanya, gimana dengan drive yang bawaan Gsuite ya? ๐Ÿ™‚ Berlangganan Gsuite berapa rupiah per tahun mas? ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.