Lenovo Thinkpad X230 : Laptop Intel Core i5 Harga 3 Jutaan

Laptop Intel Core i5 harga 3 jutaan apakah ada? Jawabannya ada! Mana buktinya? Lenovo Thinkpad X230 second adalah jawabannya.

Lenovo Thinkpad X230 ini baru kemarin saya beli dengan harga Rp2.950.000. Ya biarpun bukan barang baru tapi laptop ini masih sangat layak digunakan. Selain itu, laptop bisnis terbaik di jamannya ini masih berani ditandingkan dengan laptop baru dengan harga yang sama.

Bukan tanpa alasan saya membeli laptop Lenovo Thinkpad x230 ini. Melalui blog ini saya ceritain mengapa saya beli laptop ini.

Netbooknya Istri Rusak

Itulah alasan utama saya beli laptop di pertengahan tahun 2019 ini. Alasannya adalah netbook istri saya rusak dan gak bisa dipakai lagi.

Di rumah saya ada 2 laptop. Yang satu Macbook Air dan yang satu lagi netbook Asus EEPC 1025C. Macbook Air ini adalah fasilitas kantor.

sedangkan Asus EEPC 1025C ini adalah punya istri saya yang dibeli sebelum kami menikah. Ya kira-kira belinya sekitar tahun 2010 atau 9 tahun yang lalu.

Saya punya netbook sendiri sih, Asus X401u tapi sudah gak bisa dipakai lagi. Penyebabnya digebrak-gebrak anak saya. Abis digebrak keyboardnya mati dan lagi pula baterainya juga sudah drop. Hahaha..

Karena netbooknya istri saya rusak, ya otomatis kerjaannya istri mengelola toko onlinenya, jadi terganggu. Bisa sih sebenarnya pakai Macbook Airnya, tapi rasanya gak enak aja. Masak fasilitas kantor buat ngerjain kerjaannya istri.

Atas dasar itulah mau gak mau saya harus beli laptop lagi. Pilihannya hanya ada dua, mau beli laptop baru atau beli laptop second.

Setelah mempertimbangkan banyak hal seperti budget, fitur dan kondisi, saya putuskan untuk beli second saja. Yang penting bisa dapat laptop Intel Core i5 harga 3 jutaan.

Diantara banyak pilihan laptop second, pada akhirnya saya pilih Lenovo Thinkpad X230.

Mengapa Lenovo Thinkpad X230 Second?

Sebelum saya jelaskan mengapa saya memilih laptop Lenovo Thinkpad x230, saya jelaskan dulu ya mengapa saya beli laptop second, bukan laptop yang 100% baru.

Budget

Alasan utamanya adalah pada budget atau anggaran. Kalau anggarannya banyak dan tak terbatas sih saya pengennya beli laptop baru sekalian dengan spesifikasi yang mumpuni. Kayak Macbook Pro generasi terbaru gitu.

Tapi berhubung budget saya hanya Rp3,5 juta saja, jadi ya harus benar-benar dimaksimalkan.

Fitur dan Kondisi

Dengan anggaran 3 jutaan, kalau dibelikan laptop baru hanya dapat laptop dengan prosesornya Intel Celeron Dual Core atau AMD A4. Contohnya seperti :

  • Lenovo Idea Pad 130
  • Asus E203
  • Asus E402BA
  • atau HP 14 CM0071AU.

Sedangkan dengan budget yang sama, kalau beli yang second Saya bisa dapat laptop dengan prosesor Core i5 dan RAM minimal 4GB. Ada banyak merek dan tipe di sini, seperti :

  • Macbook tahun 2008
  • Lenovo Thinkpad Series
  • dan HP Elitebook Series.

Dengan membandingkan fitur dan kondisinya, pada akhirnya saya pilih laptop second saja.

Biarpun laptop baru menawarkan RAM 4GB, layar lebar dan hardisk hingga 1TB, saya tetap pilih laptop second dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Lenovo Thinkpad X230

Sebenarnya saya sudah lama tertarik dengan laptop dari Lenovo ini. Apalagi setelah teman SMP saya beli Lenovo Thinkpad T430i Slim awal tahun 2019 ini, jadi pengen segera memilikinya.

Tapi selama laptop yang ada masih bisa dipakai, istri saya gak ngasih ijin buat beli laptop baru. hahaha.. Mungkin sudah takdir dan jodoh kali ya, pada akhirnya saya bisa punya laptop Thinkpad ini.

Dari semua varian Thinkpad saya cukup tertarik dengan tipe T dan tipe X. Setelah menimbang lagi akhirnya pilihan saya jatuh pada tipe X. Alasannya lebih kecil dan lebih ringan daripada tipe T.

Pada Thinkpad seri X ini ada beberapa pilihan yang sempat bikin saya ragu. Mau pilih Thinkpad X230 atau Thinkpad X240, karena 2 tipe ini harganya gak jauh berbeda.

Setelah saya cari referensi akhirnya sama menemukan satu opini di Kaskus yang intinya Thinkpad X240 ini cukup mengecewakan. Berikut saya kutip opininya :

Opini di Kaskus

Penginnya buat apa?
kalau hanya untuk handle pemakaian harian, VOTE X220.

  • Classic keyboard 7 row
  • upgradeable
  • RAM bisa 16GB
  • Msata slot available.

Sebenernya perbedaannya dengan X230 cuma di VGA, keyboard dan soal baterai ( X220 bisa pakai batre X230, tapi TIDAK SEBALIKNYA ) karena ada ECC controller disitu. Which is memudahkan user kalau misalnya lagi ngga ada dana beli batre ORI, beli OEM atau KW is no problem buat X220.

X240 adalah DOWNGRADE besar besaran untuk thinkpad X series.

kekurangan X240 yang FATAL : 

RAM slot cuma 1 Maks 8GB dan REWEL
( ini keterbatasan intelnya, haswell hanya bisa 1 slot maks 8GB, broadwell baru bisa 16GB – so ini bukan keterbatasan dari lenovo, tapi dari intelnya ) well, so intelnya yang terbatas, and lenovonya juga pekok, sorry to say, maybe dengan alesan biar tipis, makanya slot RAM cuma dikasi sebiji.
Dan rewel, kadang mau baca ram DDR3 biasa, kadang WAJIB DDR3L.

X220 dan X230?
Pakai DDR3 bisa, DDR3L bisa, 2X8GB santai, X220 ane sekarang pakai 16GB RAM, mixed antara DDR3 dan DDR3L, santai emoticon-Embarrassment

Sementara, X240 ane mau pakai DDR3 Samsung 4GB, tapi dipakein Kingston DDR3 8GB nggak mau boot, maunya pakai DDR3L 8GB atau Samsung 8GB DDR3. asli rewel, persis MAC.

Touchpad yang parah untuk trackpoint user karena tombol fisik trackpoint lenyap ( buat trackpad user sih no problem, bahkan mungkin malah cenderung seneng sama SYLAR trackpad nya X240 karena untuk gestures enak sekali – almost seenak mac ) cuma buat trackpoint user, dijamin, make thinkpad 4th gen adalah mimpi buruk yang nyata kecuali mau ngeluarin duit extra 500ribu untuk ngeganti trackpadnya pakai punya X250.

trackpad X240 bisa diganti pakai punya X250
trackpad T440 bisa diganti pakai punya T450
demikian juga tipe lain di 4th gen thinkpad ( T440p, T540, W540, dsb )

Thinklight lenyap.
Suka nggak suka, thinklight sudah jadi bagian penting dari thinkpad, apalagi kegunaannya seringkali lebih kerasa dibanding backlit keyboard. ( backlit keyboard cuma nerangin tuts keyboard aja, sedangkan thinklight di beberapa tipe bisa nerangin sampai ke palmrest laptop dan sekitar laptopnya sendiri )

Nah di thinkpad 2nd gen ( X220, T420, T520, W520 ) thinklight ini jadi krusial, krn ini satu satunya penerang keyboard kalau laptop mau dipakai di lingkungan kurang cahaya karena di classic keyboard belum ada backlit.

sementara di 3rd gen, Thinklight + Backlit keyboard ada semua untuk thinkpad yang memang pakai backlit keyboard ( ada beberapa yang pakai, ada yang enggak, tergantung konfigurasi waktu beli, upgrade sendiri, dsb ) dan sangat menyenangkan pakai 3rd gen thinkpad ( X230, T430, T530, W530 ) karena ada pilihan thinklight dan backlit itu tadi, super fungsional lah.

Mulai thinkpad 4th gen, lenovo mulai bikin kacau selain engsel, keyboard dan touchpad, THINKLIGHT LENYAP, itu berarti agan WAJIB beli thinkpad yang sudah ada backlit keyboardnya atau thinkpad agan jadi nggak usable di ruangan dengan cahaya kurang karena nggak ada pilihan penerangan keyboard lainnya selain backlit keyboard.

X240 juga sudah mulai pakai SSD M2 di slot WWANnya, sementara X220 dan X230 masih support Msata. ( M2 lebih mahal, dan lebih susah dicari daripada Msata SSD )

Drainage Hole alias water reservoir tempat keluarnya aer kalau keyboard ketumpahan aer. 
X220 = ADA
X230 = ADA
X240 = LENYAP

Ganti Keyboard?
X220 = 10 menit / 3 step + obeng kembang
X230 = 10 menit / 3 step + obeng kembang
X240 = 30 menit sampe Sejam / 16 Step / wajib buka Mobo

Docking station?

X220 = Mini Dock Series 3 / Ultrabase with DVD – murah 250-350ribuan
X230 = Mini Dock Series 3 / Ultrabase with DVD – murah 250-350ribuan
X240 = Thinkpad UltraDock – muahal 500,700,900 – 1,5jutaan not even provide extra storage kayak ultrabase seri x lama.

Dari segi material aja sudah keliatan, X220 dan X230 masih tersisa kekuatan material the real thinkpad, sementara di X240, lepas bottom casenya aja, udah serasa megang mainan anak anak dari china harga 10ribuan, TRUST ME karena ane make X220 dan X240.

Menangnya X240 dibanding X220 dan X230 HANYALAH :

1. tampang kekinian – ultrabook gitu loh
2. ada WWAN 4G LTE
3. Dual Battery – ini beneran, ane make batre dual, 3 cell dan 6 cell di X240, bisa sampai 14-16jam sekali charge dengan pemakaian moderat, nggak heran krn X240 pakai ULV prosesor, sementara X220 dan X230 pakai normal prosesor full power.
4. ada pilihan FHD screen dan touchscreen

Kaskus

Dari opini tersebut akhirnya saya pilih Thinkpad X230 daripada Thinkpad X240.

Beli Thinkpad X230 dimana?

Pilihan udah jatuh pada Thinkpad X230. Sekarang bingung belinya dimana. hahaha. 😀

Untuk barang elektronik saya biasanya nyari di OLX. Saya cari Thinkpad X230 di OLX area Jogja. Ada beberapa yang jual tapi yang cukup banyak stoknya hanya ada 2, yaitu :

Setelah beberapa saat nyari, saya putuskan untuk kontak ke 2 seller tersebut. Yang fast respon dan lebih enak buat diajak ngobrol adalah Kappy Komputer.

chat dengan kappy komputer Jogja

chat dengan kappy komputer Jogja

 

chat dengan hosea komputer Jogja

chat dengan hosea komputer Jogja

Usut punya usut Kappy Komputer ini adalah tempat dimana teman SMP saya beli Thinkpad T430i Slim nya.

Setelah chat dengan CS nya Kappy, eh ternyata barangnya tinggal 1 dan itu pun sudah dibooking oleh orang. Tapi ternyata ada 2 barang lagi di Kappy Komputer Klaten. Tahu ada barangnya dan deket dengan rumah, abis jum’atan saya sama istri langsung tancap gas ke Kappy Komputer Klaten.

Setelah sampai ternyata ada 3 Thinkpad X230 di sana. Dan sempat juga ditawari merek lainnya, kalau gak salah Toshiba atau HP. Namun setelah melihat satu per satu saya tetap pilih Thinkpad X230. Soal harganya saya dapat harga Rp2.950.000 dengan bonus tas dan mouse wireless.

Dan untuk spesifikasinya sebagai berikut :

  • Processor : Intel Core i5 3320M – 2.6Ghz Turbo Boost 3.2Ghz
  • Storage : Hdd 320Gb Data
  • Ram : 4 GB DDR3L
  • ThinkLight : LED Lamp
  • esata port : YES
  • Wifi : YES
  • Lan : YES
  • Cam: Yes
  • USB 3.0 : 3x YES
  • SD CARD : YES
  • MSSD slot : Yes
  • Display Port : VGA + Mini DP
  • VGA : Intel hd graphics 4000 1.696Mb
  • Layar 12.5″ inci Anti Glare HD 1366×768
  • Battery : 3 Jam’an
  • [OS] Win 8 professional COA GENUINE. Sdh di migrasi ke WIN 10 Pro

Kondisi :
– 95% Body Mulus.. Lecet Pemakaian Wajar
– Engsel kokoh.
– HARDWARE 100% Normal.

Untuk penampakannya nyusul ya. Nunggu siang dulu, fotonya kualitasnya jelek kalau malam. 🙂

body lenovo thinkpad x230

panel kanan lenovo thinkpad x230

layar lenovo thinkpad x230

panel kiri lenovo thinkpad x230

Itulah pengalaman saya membeli laptop second Lenovo Thinkpad X230, laptop Intel Core i5 harga 3 jutaan. Buat yang mau ikutan beli laptop second berkualitas, saya rekomendasikan di Kappy Komputer saja. Bisa langsung ke tokonya di Klaten/ Jogja atau bisa langsung ke akun Bukalapak nya di sini => http://bl.id/a/gTztfA0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.