Memasang Tag Hreflang Pada Halaman Tertentu Di Website Multilangual Berbasis WordPress

Memasang tag hreflang untuk website multilangual berbasis wordpress pada dasaranya sangat mudah. Apalagi jika di dalamnya sudah terinstall plugin multi bahasa seperti WPML dan sejenisnya.

Tetapi bagi yang gak punya uang dan gak mau memperberat loading website, maka menggunakan plugin seperti ini bukan solusi yang terbaik.

Alasannya sederhana saja, karena berdasarkan pengalaman Saya sendiri, memasang plugin multibahasa akan memperberat website, sehingga pada saat awal mengaksesnya akan cenderung lambat dan lama.

Itulah yang kemudian menjadi pertimbangan Saya untuk memasang tag hreflang di beberapa halaman penting saja. Sehingga tidak semua halaman saya pasangi tag hreflang.

Terkait dengan penempatan hreflang di halaman yang spesifik ini Saya punya sebuah studi kasus.

Studi kasus yang Saya lakukan adalah memasang tag hreflang pada website en.kirim.email dan kirim.email untuk halaman home, pricing dan featured.

Untuk hasil yang ingin dicapai adalah ketika orang yang browsernya menggunakan Bahasa Inggris atau yang tinggal di luar negeri khususnya Eropa dan Amerika, maka yang akan muncul di hasil pencarian Google adalah halaman yang ada di website en.kirim.email.

Sedangkan untuk oranng yang browsernya menggunakan bahasa indonesia atau yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, maka yang akan muncul di hasil pencarian Google adalah halaman yang berasal dari website kirim.email.

Untuk mencapai hal tersebut dengan memasang tag hreflang, maka langkah-langah berikut ini yang saya lakukan :

1. Menginstall dan mengaktifkan plugin HREFLANG Tags Lite di kedua website.

2. Setelah itu Saya edit homepage kirim.email dan en.kirim.email lalu menyesuaikan hreflangnya seperti pada gambar berikut ini :

3. Setelahnya Saya edit homepage en.kirim.email dan menyesuaikan hreflang nya dengan mengarahkan ke bahasa indonesia (kirim.email).

4. Jika semua sudah tinggal dicek di href checker. Apakah sudah benar apa belum.

5. Kemudian ulangi lagi cara 2-4 untuk halaman yang lainnya yang ingin Kamu tambahkan tag hreflang nya.

Selesai.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.