Bisnis

3 Rahasia Membangun Bisnis Jangka Panjang

membangun bisnis jangka panjang

Membangun bisnis jangka panjang merupakan suatu hal yang sangat menantang bagi setiap pebisnis. Hal ini dikarenakan butuh fokus dan sumber daya yang luar biasa untuk membangunnya. Sehingga bisnis tidak hanya sekedar bertahan hari ini saja, tetapi juga terus berkembang hingga berpuluh-puluh tahun bahkan ratusan tahun lamanya.

Banyak bisnis yang sudah lebih dari 50 tahun dan mereka masih eksis hingga saat ini. Bahkan beberapa menjadi pemimpin pasar selama puluhan tahun.

Sebut saja seperti :

  1. Panasonic
  2. Nokia
  3. Pertamina
  4. Jawa Pos
  5. Sidomuncul
  6. Sosro
  7. Sampoerna
  8. dan lain sebagainya.

Lantas kita mungkin bertanya-tanya, kira-kira apa ya yang menjadi rahasia dalam membangun bisnis jangka panjang seperti perusahaan-perusahan di atas?

Di halaman ini kita akan membahas tentang hal tersebut.

3 Rahasia Membangun Bisnis Jangka Panjang

Dalam membangun bisnis jangka panjang setidaknya ada 3 hal yang perlu kita penuhi supaya bisnis kita mampu bertahan bertumbuh dalam waktu yang lama.

Tidak peduli nama toko Anda apa, yang pasti dengan 3 hal berikut ini Insya Alloh bisa bertahan hingga nanti.

Adapun 3 hal rahasia tersebut antara lain :

  1. Profitable
  2. Scaleable
  3. Sustainable.

Profitable

Rahasia pertama dalam membangun bisnis jangka panjang adalah profitable atau menguntungkan.

Tujuan dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika bisnis tidak profit atau mengalami kerugian makan akan sulit untuk berkembang. Jangankan berkembang, untuk bertahan saja susah.

Dengan bisnis mendapatkan profit yang berwujud uang cash, maka segala aktivitas bisnisnya bisa berjalan dengan lancar. Minimal aktivitas operasional bisa berjalan dengan mulus tanpa ada kendala yang berarti.

Sehingga ketika Anda ingin membangun bisnis jangka panjang, maka yang pertama pastikan dulu bisnis Anda profitable. Kalau tidak profitable maka buang jauh-jauh angan-angan untuk mempunyai bisnis yang mampu bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

Scaleable

Bisnis yang profitable saja tidak cukup untuk membangun bisnis jangka panjang. Bisnis selain profitable juga harus scaleable.

Maksudnya bisnis Anda juga harus senantian bertumbuh dan berkembang. Misalkan penjualan bulan ini mencapat 1000 pcs, lalu penjualan bulan depan menjadi 5000 pcs.

Juga misal kapasitas produksi Anda hanya 100 gram per hari, maka semakin lama kapasitas produksinya juga harus meningkat.

Scaleable ini juga bisa diartikan menambah/meningkatkan produk atau layanan yang Anda jual. Misalkan saat ini Anda menjual buah-buahan. Tahun berikutnya Anda tidak hanya menjual buah-buahan saja, tetapi juga kedai jus dna juga kedai salada buah.

Ini sama seperti yang terjadi pada Honda. Dulu mereka menjual sepeda motor. Kini mereka melakukan peningkatan dengan mengembangkan dan menjual produk lain seperi mobil, robot dan lain sebagainya.

Jadi kalau Anda ingin membangun bisnis jangka panjang, maka bisnis Anda saat ini haruslah scaleable atau bisa ditingkatkan potensinya dari waktu ke waktu.

Sustainable

Dan rahasia yang terakhir adalah sustainable atau berkelanjutan. Artinya adalah bahwa bisnis itu harus mempunyai proses yang terus menerus.

Misalnya kita ambil contoh iPhone dari Apple dimana mereka setiap tahun selalu melakukan update baik dari sisi software maupun hardware.

Mereka terus melakukan riset, penelitian hinggan membuat invoasi dan ini mereka lakukan secara berkelanjutan untuk menjaga ekosistem yang mereka bangun tetap utuh dan berkembang.

Untuk menjaga sebuah bisnis tetap sustainable ada tips untuk Anda yaitu :

  • Punya inovasi supaya market tidak bosan dan selalu update dengan perkembangan trend.
  • Tampil beda dengan produk pesain sehingga punya pembeda yang kuat dan menjadi ciri khas.
  • dan Pintar melihat peluang.

Jadi kalau Anda ingin membangun bisnis jangka panjang maka pastikan bisnis Anda sustainable.

Itulah 3 rahasia dalam membangun bisnis jangka panjang. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel saya berikutnya.

Muhammad Sholeh

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like