Pemasaran InternetInstagram Marketing

Strategi Menumbuhkan Akun Instagram Anda Hanya Dengan 30 Menit Per Hari

strategi menumbuhkan akun instagram

Pada artikel ini saya akan membahas tentang strategi menumbuhkan akun Instagram Anda.

Saya awal dengan sebuah pernyataan baha “akun Instagram adalah aset”. Setidaknya itulah apa yang saya yakini dan mungkin para pegiat digital lainnya terutama emak-emak yang jualan online, juga punya anggapan yang sama.

Kalau ditanya alasannya kenapa akun Instagram adalah aset, maka jawaban saya sederhana saja, karena akun Instagram itu bisa menghasilkan uang. Bagi saya pribadi, apapun itu selama bisa menghasilkan uang namanya adalah aset.

Jadi misal nih Anda punya smartphone canggih sekelas iPhone, selama itu tidak bisa menghasilkan uang, maka itu bukan aset. Tetapi jika sebuah smartphone walaupun hanya merek lokal, mampu menghasilkan uang, maka itulah aset.

Begitu juga dengan sebuah akun Instagram. Selama akun Instagram itu mampu menghasilkan uang, maka itu adalah aset.

Aset itu tumbuh dan berkembang

Aset yang baik adalah aset yang selalu tumbuh dan berkembang. Semakin dia besar maka semakin banyak uang yang bisa Anda dapatkan dari aset ini.

Kalai sebuah aset sudah tidak bisa berkembang, ngapain juga dipertahankan. Lebih baik dijual atau suntik mati biar tidak menjadi beban dikemudian hari.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin terlintas adalah bagaimana agar aset ini bisa tumbuh dan berkembang?

Ini lah yang akan kita bahas pada artikel ini. Kita akan mengupas tentang bagaimana aset berupa akun Instragram ini mampu tumbuh dan berkembang dengan optimal sehingga nantinya bisa memberikan Anda sumber pendapat yang begitu bernilai untuk Anda.

Strategi Bagaimana Menumbuhkan Akun Instagram Anda Hanya Dengan 30 Menit Per Hari

Setidaknya ada 3 strategi yang bisa Anda terapkan dalam rangka menumbuhkan akus Instagram Anda. Menumbuhkan di sini bisa berarti banyak hal seperti meningkatnya jumlah followers, semakin banyak jangkauan dari konten-konten Anda hingga bertambahnya jumlah sales dan juga profit yang Anda dapatkan.

Selain itu 3 strategi ini juga tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup luangkan waktu 30 menit per hari untuk mengeksekusi 3 strategi sederhana ini. Lakukan secara rutin setiap hari, paling tidak selama 90 hari ke depan, akhirnya silakan tunggu dan tuai hasilnya.

Adapun 3 strategi menumbuhkan akun Instagram ini antara lain :

  1. Posting di Instagram Feed Anda
  2. IG Stories, IG Stories dan IG Stories
  3. Interaksi pada hashtag dan IG Stories.

Mari kita bahas satu pe satu dari setiap poin di atas.

#1. Posting di Instagram Feed Anda

Halah mas, kalau cuman posting di IG aja anak SD pun bisa…!

Ya Anda mungkin benar. Sekarang anak-anak SD udah pada pinter pegang gadget dan bahkan mereka udah banyak yang punya akun Instagram.

Namun kalau postingnya bukan sekedar upload itu yang anak SD gak bisa. Bahkan orang dewasa pun juga belum tentu bisa melakukannya.

Supaya akun Instagram Anda tumbuh dengan optimal maka Anda harus mampu memposting konten Instagram setiap hari dengan konten-konten yang sesuai dengan audience Anda dan membentuk sebuah cerita.

Sehingga kalau Anda langsung mengupload gambar di Instagram feed, maka besar kemungkinan gambar apapun akan Anda upload tanpa memperhatikan bagaimana susunannya dan cerita dari setiap gambar yang saling berhubungan.

Maka dari itu, daripada langsung menguploadnya, alangkah baiknya jika Anda menuliskan dulu bagaimana konsep dari konten Anda. Jabarkan dengan detail apa saja konten yang akan ditampilkan dan bagaimana urutannya.

Caranya adalah Anda ambil waktu di hari Sabtu atau Minggu, lalu buat skenario atau konsepnya untuk 1 minggu ke depan. Jadi Anda sudah punya gambaran besarnya dan di hari kerja, Anda hanya perlu menguploadnya. Tidak sampai 30 menit sehari, Anda sudah bisa membuat akun Instagram yang tumbuh dengan optimal.

#2 Stories, stories dan stories

Strategi menumbuhkan akun Instagram yang kedua ini pada prinsipnya sama dengan yang nomor #1. Bedanya terletak pada posisinya, yaitu di IG Story.

Setelah Anda membuat konsepnya, upload konten Anda di IG stoty ini paling tidak 3x sehari. Lakukan ini secara rutin selama beberapa minggu ke depan dan Anda akan melihat dan merasakan pertumbuhan akun Instagram Anda.

#3 Interaksi pada hashtag dan IG Story

Dan tibalah kita sampai di strategi yang ketiga, yaitu interaksi pada hashtag dan IG Story.

Memilih dan menggunakan hashtag yang tepat akan memperluas tayangan dan juga interaksi.

Prinsipnya no interactions, no transactions. Tidak ada interaksi, tidak ada transaksi.

Dengan kata lain, kalau Anda ingin menghasilkan transaksi, maka harus membangun interaksi terlebih dahulu.

Dan tempat yang paling tepat sekaligus efektif adalah hashtag dan IG Story.

Maka dari itu luangkan waktu Anda 1 hari atau 2 hari saja untuk memikirkan 3 hal di atas supaya akun Instagram Anda tumbuh dan berkembang secara optimal.

Itulah 3 strategi menumbuhkan akun Instagram hanya dengan 30 menit per hari. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Muhammad Sholeh

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like