BERBAGI PENGALAMAN : TIPS MEMBELI IPAD BEKAS

Bismilah… pada artikel ini saya ingin share pengalaman tentang membeli ipad bekas atau second. 

Ceritanya tepat 2 pekan yang lalu, saya barusan beli iPad generasi 8 yang masih sangat mulus dan garansi masih panjang, hingga bulan januari 2022.

Saat saya beli iPad ini masih bulan Februari 2021. Itu berarti iPadnya hanya dipakai baru 1 bulan saja oleh pemilik sebelumnya.

Dan harganya pun sangat jauh dari harga aslinya. Harga resminya kalau tidak salah Rp6.299.000. Sedangkan yang saya beli ini dapat harga Rp5.699.000. Selish Rp500.000.

Dan untungnya iPad yang saya beli ini garansi resmi dari iBox, jadi bukan garansi inter.


Terima kasih telah membaca blog ini.
Dapatkan informasi, inspirasi, insight dan artikel terbaru langsung dari email Anda.

Daftarkan Email


Saya pribadi merasa sangat beruntung dapat iPad ini. Biarpun bekas tetapi rasanya seperti beli iPad baru.

Kalau Anda yang lagi baca tulisan ini dan pengen beli iPad bekas, silakan baca beberapa tips yang saya bagikan berikut ini.

Tips Membeli iPad Bekas

Pertimbangkan dukungan sistem operasi

Tips pertama dari saya sebelum beli iPad bekas adalah mempertimbangkan dukungan sistem operasi. Kalau tidak salah Apple memberikan dukungan sistem operasi baik itu terkait update keamanan ataupun update versi OS selama 5 tahun.

Sehingga dalam membeli iPad bekas pilihlah iPad yang masih mendapatkan dukungan OS. Misalnya saat ini OS yang berjalan adalah iPadOS 14. Maka pilihlah iPad yang mendukung iPadOS versi 14 ini.

Terkait iPad apa saja yang mendapatkan dukungan iPadOS 14 ini silakan baca selengkapnya di sini.

Garansi lokal vs Garansi internasional

Tips kedua adalah memilih antara garansi lokal dan garansi internasional.

Sebenarnya Apple tidak mengenal garansi lokal dan garansi internasional. Hanya saja berdasarkan informasi yang saya peroleh, garansi Apple itu hanya berlaku di negara membeli perangkat Apple.

Misalkan kita beli iPadnya di Indonesia, maka garansinya hanya berlaku di Indonesia saja. Kita tidak bisa klaim garansi di negara lain.

Begitu juga sebaliknya. Jika kita beli iPad di luar negeri, maka garansinya tidak berlaku di Indonesia.

Maka muncullah istilah garansi lokal dan garansi internasional ini.

Ciri-cirinya sebuah iPad yang garansi lokal adalah menggunakan kode PA/A atau ID/A atau FE/A pada model iPadnya.

Sedangkan untuk garansi internasional itu kode modelnya biasanya LA/A untuk Amerika, J/A untuk Japan, ZA/A untuk Singapura dan lain sebagainya.

Jadi kalau Anda dapat iPad murah cek dulu modelnya. Mungkin itu adalah iPad dengan garansi internasional.

Lalu yang jadi pertanyaan, apakah ada perbedaan kualitas iPad garansi lokal dengan garansi inter?

Menurut saya kalau dari segi kualitas tidak ada bedanya. Hanya saja saya melihatnya dari sisi legalitas. Kalau iPad dengan garansi lokal itu sudah pasti melalui jalur distribusi yang benar dan tidak ada indikasi melanggar hukum. Jadi bisa dikatakan iPad model ini 100% legal.

Namun jika iPad dengan garansi inter, ada kemungkinan masuk ke Indonesia tidak melewati jalur yang benar. Bisa dengan nitip teman yang ada di luar negeri. Atau bisa juga karena barang selundupan yang ini tentu melanggar hukum dan masuk kategori barang ilegal.

Kalau saya pribadi lebih mencari keberkahan dari setiap barang yang saya beli. Dan menurut saya barang yang legal itu akan membawa keberkahan tersendiri.

Kondisi Fisik iPad

Jika 2 hal di atas sudah terpenuhi baru kita masuk ke kondisi fisik iPad nya. IPad dengan kondisi fisik yang bagus akan membuat performanya maksimal.

Anda bisa memilih iPad yang :

  • kondisi layarnya tidak ada cacat,
  • baterai tidak ngedrop,
  • semua tombol berfungsi dengan baik
  • dan tidak ada bekas jatuh.

Kalau ada goresan pada body iPad saya kira bukan masalah.

Harga dan kelengkapan

Tips terakhir dalam membeli iPad bekas tentu saja adalah harga dan kelengkapannya. Kalau ada iPad murah namun kelengkapan seperti dus, kitab-kita dan charger tidak ada, sebaiknya tidak Anda beli.

Lebih baik membeli iPad bekas yang lengkap tapi agak sedikit mahal daripada iPad yang lebih murah tetapi tidak ada kelengkapan apapun.

Itulah 4 tips dari saya yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli iPad bekas. Mudah-mudahan pengalaman yang saya bagi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang berniat beli iPad.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.