WA Blast : Pengertian, Cara Membuat Dan Aplikasi Yang Digunakan

Kalau kamu ingin tahu lebih dalam tentang WA Blast, yuk baca artikel ini sampai habis. Karena saya akan mencoba menjelaskan tentang WA Blast secara lengkap dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah untuk dimengerti. Kendati demikian, semisal Kamu masih ada yang kurang jelas, Kamu bisa meinggalkan pertanyaan di kotak komentar.

Apa itu WA Blast?

Saat ini WA Blast sudah banyak digunakan banyak pihak. Mulai dari perseorangan, organisasi non profit hingga bisnis ukm bahkan korporat menggunakannya. Hanya saja letak perbedaannya ada di objective atau tujuan, skala dan juga aplikasi yang digunakaan.

Secara etimologi, WA Blast berasal dari Bahasa Inggris yang terdiri dari kata WA dan Blast.

WA bisa diartikan sebagai WhatsApp. Sebuah aplikasi messaging yang paling banyak digunakan manusia saat ini.

Sedangkan Blast artinya ledakan atau hembusan. Sebagaimana Kita ketahui bahwa ledakan itu terjadi dalam waktu singkat dan berdampak pada area yang sangat luas.

Jika digabungkan WA Blast adalah kegiatan mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke banyak kontak sekaligus dalam waktu singkat.

Biasanya WA Blast ini dilakukan hanya dengan sekali klik. Tentu sebelumnya sudah dipersiapkan lebih dulu daftar kontaknya, pesan yang akan dikirimkan dan aplikasinya.

Setelah semuanya siap, baru klik tombol blast nya. Dalam waktu singkat pesan yang Kamu tulis bisa langsung diterima oleh kontak WhatsApp yang ada di dalam daftar mu.

Sedangkan menurut realita di lapangan, WA Blast adalah sebuah fitur WhatsApp Bisnis yang memungkinkan Kita untuk mengirimkan pesan secara masal ke ribuan atau bahkan jutaan kontak secara bersamaan tanpa harus menyimpan kontaknya terlebih dulu.

Perbedaan WA Blast dan WA Broadcast

WA Blast atau WhatsApp Broadcast merupakan 2 istilah yang bermakna mirip tetapi berbeda penggunaanya.

WA Broadcast dan WA Blast itu sama-sama fiturnya WhatsApp. Fungsinya juga sama, yaitu untuk mengirimkan pesan.

WA Broadcast

Cuma bedanya dengan WA Blast, WA Broadcast itu dibatasi hanya 256 penerima saja. Selain itu penerima pesan dan Kamu harus saling menyimpan kontak terlebih dulu. Kalau hanya satu pihak saja yang menyimpan kontak, pasti tidak akan muncul di daftar penerima.

Selain itu WhatsApp Broadcast tidak bisa digunakan untuk personalisasi pesan. Dan biasanya ada delay yang cukup lama saat pengirimannya.

WA Blast

Sedangkan WA Blast adalah kebalikan dari WA Broadcast. WA Blast tidak membatasi jumlah penerima. Artinya berapapun jumlah kontaknya, mau ribuan atau puluhan ribu kontak, WA Blast sanggup untuk mengirimkannya, tanpa perlu saling menyimpan kontak terlebih dulu.

Juga ada personalisasi pesan yang memungkinkan Kita untuk menyapa penerima dengan namanya sendiri. Membandingkan kecepatan pengiriman, WA Blast jelas lebih unggul karena tidak ada delay.

Cara Membuat WA Blast

Aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan WA Blast

Pada dasarnya untuk mengirimkan WA Blast itu membutuhkan WhastApp Business API. Di pasaran, WhatsApp Business API ini ada yang Official dan ada juga yang Unofficial.

WhatsApp Business API Official

Artinya API yang digunakan merupakan API resmi yang dikeluarkan oleh WhatsApp atau Meta sebagai perusahaan induknya. Karena ini resmi maka sudah pasti WhatsApp akan menjamin nomor yang Kamu pakai untuk blasting tidak akan terblokir.

Namun sebagai konsekuensinya, WhatsApp Business API Official ini harganya bisa dikatakan “mahal”. Sehingga mayoritas penggunanya adalah perusahaan-perusahaan besar dengan kapitalisasi modal yang banyak.

Contohnya yang ada di Indonesia antara lain :

  • Qontak by Mekari
  • Barantum
  • Qiscus

WhatsApp Business API Unofficial

Sedangkan yang unofficial ini API nya dibuat oleh pihak ketika dan bukan merupakan bagian dari WhatsApp atau meta. Dari sisi harga, memang WhatsApp Business API Unofficial ini jauh lebih murah daripada yang official.

Namun di sisi lainnya, ada potensi risiko nomor MU diblokir oleh WhatsApp ketika ada banyak laporan terkait aktivitas blast yang Kamu lakukan.

Contoh yang ada di Indonesia antara lain :

  • WBSPro
  • Watzap
  • Wiz-Sender
  • Sender ID
  • dll.

Itulah pembahasan Saya mengenai WA Blast. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga segera bisa memilih yang terbaik dari beragama aplikasi WA Blast yang ada di pasaran.

Lagi, jika ada yang mau ditanyakan, silakan tinggalkan pertanyaan di kotak komentar. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.