4 Tujuan Wisata Memberi Makan Hewan Di Jogja

Tujuan wisata memberi makan hewan di Jogja memang lain daripada tempat wisata lainnya.

Kebanyakan tempat wisata di Jogja menawarkan sajian budaya, bentang alam yang menakjubkan serta spot foto yang Instagramable dan kekinian.

Sedangkan tujuan wisata memberi makan hewan ini menawarkan pengalaman berbeda serta memberikan edukasi terhadap alam, satwa dan juga lingkungan.

Maka tidak mengherankan jika wisata memberi makan hewan di Jogja sangat digemari oleh keluarga yang memiliki anak kecil.

Pasalnya selain biaya masuknya yang cukup terjangkau, Anak-anak Kita juga akan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan satwa secara langsung. Hal ini yang tidak akan didapatkan di tujuan wisata lainnya di Jogja.

4 Tujuan Wisata Memberi Makan Hewan Di Jogja

Maka dari itu di halaman ini Saya sudah merangkum setidaknya ada 5 tujuan wisata memberi makan hewan di Jogja yang mungkin bisa menjadi daftar tujuan Ayah/Bunda untuk berwisata bersama buah hati tercinta.

Daftar ini Saya susun sebagian besar bersumber dari pengalaman Saya pribadi yang sudah pernah saya kunjungi. Beberapa yang lainnya saya rangkum dari berbagai sumber.

Tidak perlu berlama-lama lagi, inilah tujuan wisata memberi makan hewan di Jogja.

Mini Zoo Jogja Exotarium Sleman

Daftar yang pertama adalah Mini Zoo Jogja Exotarium.

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah kebun binatang mini yang berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Kabupaten No. 99 Duwet, Sendangadi, Mlati Sleman.

Di sini Ayah bunda bisa bertemu dan mengenalkan si kecil dengan beraneka hewan seperti burung kakaktua, iguana, ular, kelinci, kambing, kura-kura, musang, kuda dan juga ikan.

Untuk pengalaman memberi makan hewan yang bisa diberikan makan antara lain :

  • kelinci,
  • kura-kura,
  • ikan,
  • kambing,
  • dan juga kuda.

Selain memberi makan satwa, Ayah bunda juga bisa menikmati wahana lain di sini, seperti :

  • ATV
  • Bebek kayuh
  • Naik kuda
  • Spot selfi
  • Taman bunga
  • Camping ground
  • Kolam renang
  • dan Flying fox.

Hanya saja saat Saya ke sini bersama keluarga untuk flying fox, kolam renang dan bebek kayuhnya tidak beroperasi.

Untuk biaya masuknya adalah Rp5.000 per orang. Pada masa pandemi ini harga tersebut sudah termasuk biaya pakan hewan. Normalnya untuk pakan hewan harganya adalah Rp2.000 untuk setiap pack nya.

Walaupun ini kebun binatang mini, tetapi tempatnya tidaklah mini. Saat saya berkunjung ke sini tempatnya begitu luas. Parkirannya saja bisa untuk puluhan mobil dan bus besar.

Untuk menjelajah tempat ini juga butuh waktu lebih dari 1 jam.

Namun jika anak-anak capek, Ayah Bunda gak perlu khawatir, karena di Mini Zoo Jogja Exotarium sudah disediakan tempat istirahat berupa gazebo yang terseber di beberapa titik. Dan di setiap titik jumlahnya lebih dari satu. Jadi gak usah takut kehabisan tempat.

Selain itu ada juga beberapa warung kecil yang menjajakan makanan ringan seperti jadah tempe, lalu ada juga cafe dan rumah makan yang cukup besar di sini. Setelah muter-muter mini zoo, laper, bisa langsung pesan makanan.

Selain tempatnya asyik, tempat ini sangat Saya rekomendasikan untuk Ayah Bunda karena menerapkan protokel kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ada toilet dan tempat cuci tangan. Saat masuk diperiksa suhu tubuh dan di dalam ada beberapa tempat untuk cuci tangan juga. Mengingat di sana tempatnya luas, sehingga bisa tetap menjaga jarak dengan orang lain. Jadi Insya Alloh aman.

Bendung Lepen Kali Gajah Wong

Tujuan wisata memberi makan hewan di Jogja yang kedua adalah Bendung Lepen Kali Gajah Wong Giwangan.

Semula tempat ini adalah saluran irigasi yang kondisinya kotor dan memprihatinkan.

Namun karena inisiasi dari warga dan dukungan dari Pemerintah, pada akhirnya tempat ini menjadi tempat favorit warga untuk melepas penat dan memberikan hiburan untuk anak-anak.

Di Bendung Lepen ini Kita dan anak-anak bisa memberi makan ikan yang berada di sepanjang parit.

Untuk pakan ikannya pengelola sudah menyediakannya. Kita perlu membeli dengan harga Rp2.000 untuk segelas pelet.

Biaya masuk dan ke Bendung Lepen Gajah Wong ini gratis. Sedangkan untuk biaya parkirnya pengelola tidak mematok harga alias seikhlasnya kita.

Jika Ayah Bunda tertarik ke sana ini alamatnya : Mrican UH7/ 338, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163.

Saya sendiri sudah pernah ke sana dan pengalaman ke Bendung Lepen ini sangat memuaskan.

Puri Mataram

Tujuan wisata memberi makan hewan yang ketiga adalah Puri Mataram.

Di sini Ayah Bunda bisa mengajak putra putri untuk berinteraksi dengan binatang seperti kelinci, ayam, kambing, kuda, merak hingga rusa.

Selain itu ada juga rumah makan dalam satu lokasi yang ketika lelah memberika makan hewan, Kita bisa langsung bersantap siang di sana.

Lokasinya berada di Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511.

Kebun Binatang Gembira Loka

Yang keempat tentu saja Kebun Binatang Gembira Loka. Sebagai kebun binatang terbesar di DIY, Gembira loka punya koleksi hewan yang sangat beragam. Mulai dari yang jinak sampai yang buas.

Untuk lokasinya berada di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

Itulah destinasi wisata memberi makan hewan di Jogja yang mungkin bisa Ayah Bunda kunjungi bersama putra putri tercinta.

Semoga bermanfaat dan silakan bagikan tulisan ini jika Anda mau.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.