Cara Cepat Terindex Google

Bagi Anda yang sedang mencari cara cepat terindex Google, maka saat ini Anda berada di tempat yang tepat. Karena pada halaman ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam membuat sebuah artikel terindex di Google dengan cepat.

Cepatnya seberapa mas? Tidak ada jawaban pastinya. Bisa dalam waktu 1 menit bisa juga sampai 3-4 hari. Tergantung bagaimana dan kapan Google merayapi website kita. Tapi yang jelas dengan cara yang akan saya sampaikan ini Insya Alloh tidak akan lebih dari 1 minggu.

Owh iya sebelum saya lanjut, untuk informasi saja, bahwa artikel ini merupakan lanjutan dari artikel yang berjudul Cara Mengetahui Artikel Mana Saja Yang Tidak Terindex Google. Sehingga untuk artikel yang tidak terindex tersebut bisa segera terindex Google dengan cara yang ada di halaman ini.

Mengapa Harus Cepat Terindex di Google

Sebelum caranya saya bagikan ke Anda, ada satu hal yang perlu kita pahami bersama. Mengapa sih kita harus repot-repot mengejar status terindex Google untuk artikel yang kita miliki?

Begini, tujuan SEO adalah mendapatkan traffic organik dari search engine. Tempat terbaik untuk mendapatkan traffic organik adalah di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP). Semakin tinggi posisinya (paling atas) maka porsi mendapatkan traffic organik semakin besar.

Sedangkan syarat pertama untuk bisa menempati posisi tersebut adalah terindex di Google terlebih dahulu. Kalau tidak terindex bagaimana mungkin website atau artikel yang kita miliki bisa masuk page one? Betul? 🙂

Sampai di sini dulu, semoga kita bisa sedikit paham ya tentang pentingnya sebuah artikel atau blog terindex di Google. Kalau belum paham juga silakan tinggalkan pesan di kotak komentar dengan menyebutkan bagian mana yang belum paham. Oke ya? 🙂

Cara Aman

Di luar sana ada banyak sekali tutorial tentang bagaimana membuat sebuah artikel bisa cepat terindex Google. Namun saya ragu apakah cara tersebut aman untuk website Anda atau tidak.

Akan tetapi dengan cara yang saya sampaikan ini Insya Alloh aman untuk website Anda. Hal ini karena caranya memang sudah disediakan oleh Google. Kita tinggal pakai dan manfaatkan fitur yang sudah ada tersebut. Sehingga tidak perlu ada rasa khawatir kalau-kalau nanti website Anda malah diblacklist oleh Google.

Cara Cepat Terindex Google

Tibalah saatnya saya menunjukkan cara cepat teridex Googel kepada Anda. Sebagai bahan studi kasusnya, saya menggunakan website saya sendiri. Supaya hasilnya lebih objektif. Kalau blog saya yang baru berumur 2 bulan saja bisa, tentunya blog atau website Anda juga bisa. 🙂

Kemarin saya sudah merekap artikel mana saja yang belum terindex Google. Untuk mengetahui mana saja yang belum terindex caranya bisa Anda pelajari di sini. Dan untuk hasilnya saya tulis ulang di sini untuk bagan percobaan.

  • https://muhammadsholeh.com/sitemap.html
  • https://muhammadsholeh.com/category/trip
  • https://muhammadsholeh.com/category/kuliner
  • https://muhammadsholeh.com/category/my-first-time
  • https://muhammadsholeh.com/soup-buah-dan-es-campur-pak-yoyok.html

Link di atas adalah yang akan kita coba buat supaya bisa segera terindex di Google.

Caranya, yang pertama silakan buka Google Seacrh Console. Jika belum punya silakan buat terlebih dahulu.

Setelah itu masuk ke menu Perayapan > Fetch as Google.

cara agar artikel cepat terindex Google

Pada halaman Fetch as Google masukkan url setelah ekstensi domain Anda. Sebagai contoh url https://muhammadsholeh.com/category/trip. Yang perlu dimasukkan pada halaman tersebut adalah category/trip. 

cara agar artikel cepat terindex Google

Setelah itu pada pilihan Desktop/ Seluler : Ponsel Cerdas pilih yang Desktop terlebih dahulu, lalu klik tombol Ambil. Jika di Anda menggunakan bahasa Inggris, silakan sesuaikan sendiri ya..

Jika sudah berhasil maka url yang sudah Anda inputkan akan muncul pada daftar yang tersedia.

cara agar artikel cepat terindex Google

Selanjutnya pada daftar url tersebut, klik tombol Minta Pengindeksan. Lalu muncul pop up seperti pada gambar berikut ini. Lalu captcha dengan benar, dan jika sudah klik tombol KIRIM.

cara agar artikel cepat terindex Google

Setelah itu ulangi proses yang sama, namun saat ini utk pilihan yang Seluler : Ponsel Cerdas. Sehingga hasilnya untuk 1 url adalah sebagai berikut :

cara agar artikel cepat terindex Google

Jika url Anda ada 100, maka ulangi cara di atas sebanyak 200x. heheh.. 100 untuk yang Desktop dan 100 untuk yang Seluler : Ponsel Cerdas.

Update : Tampilan Baru Google Search Console

Cara di atas setelah 28 Maret 2019 kemungkinan sudah tidak berlaku lagi. Hal ini dikarena Google memberlakukan tampilan Google Search Console yang baru dengan fitur yang baru juga. Fitur tersebut bernama fitur Inspeksi URL. Hal tersebut diumumkan oleh Google ketika kita mengakses fitur Fetch as Google di Google Search Console.

fitur inspeksi URL Google Search Console baru

pemberitahuan fitur inspeksi URL Google Search Console baru

Untuk url dari Google Search Console yang baru ini ada di https://search.google.com/search-console. Sedangkan tampilan barunya seperti pada gambar di bawah ini :

tampilan dashboard Google Search Console Baru

tampilan dashboard Google Search Console Baru

Kemudian untuk cara cepat agar terindex di Google adalah sebagai berikut :

  • Klik menu URL Inspection
    menu URL Inspection

    klik menu URL Inspection

  • Masukkan url yang ingin diindex oleh Google dengan cepat pada kotak yang tersedia. Lalu tekan enter pada keyboard Anda. Dan tunggu prosesnya beberapa saat.
    masukkan url pada kotak yang tersedia pada Google Search Console baru

    masukkan url pada kotak yang tersedia pada Google Search Console baru

  • Lalu setelah itu muncul hasilnya seperti pada gambar berikut ini :
    hasil URL Inspection

    hasil URL Inspection

  • Pada halaman URL Inspection ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya :
    – URL is on Google. Itu artinya url yang kita submit itu sudah berada di Google.
    – Request Indexing : Kalau belum terindex url Anda, silakan klik link ini.
    – Coverage Submitted and indexed : itu berarti url kita sudah terindex di Google.
  • Selesai.

Cara Mengetahui Sudah Terindex Atau Belum

Setelah kita melakukan cara di atas, prosesnya sebenarnya sudah selesai. Tinggal kita tunggu saja 3-4 hari, maksimal 1 minggu supaya Google bekerja dan mengindex artikel yang kita publish.

Namun kita juga perlu mengetahui artikel tersebut sudah terindex atau belum. Caranya bisa kita lakukan dengan 2 cara, yaitu :

  • Lewat Google Search Console
  • Lewat Google Search Operator

Lewat Google Search Console

Jika melalui Google Search Console caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal masuk ke dashboard GSC lalu Perayapan > Peta Situs. Di situ Anda bisa memantau berapa url yang sudah terkirim dan berapa yang sudah terindex. Lalu bandingkan dengan periode sebelum Anda melakukan cara cepat terindex Google di halaman ini.

cara agar artikel cepat terindex Google

Lewat Google Search Operator

Cara yang kedua adalah melalui Google Search Operator. Operator yang kita pakai adalah site.

Anda buka Google.co.id lalu ketikkan site: url yang ingin di cek. Sebagai contoh url yang akan kita cek adalah https://muhammadsholeh.com/category/trip. Maka format yang harus diketikkan di Google adalah :

site:https://muhammadsholeh.com/category/trip

Ternyata mudah kan cara cepat terindex Google ini? Saya sudah menunjukkannya kepada Anda dan sekarang giliran Anda untuk mencoba. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga artikel Anda segera terindex Google.

Update

Setelah menerapkan cara ini, pada akhirnya saat semua konten saya yang terkirim di Google Search Console sudah terindex semuanya. Untuk buktinya silakan Anda perhatikan gambar di bawah ini.

Dari yang semula 6, kini ada 13 artikel yang terindex. Dan untuk jumlah yang terkirim beda dengan yang di atas itu karena saya menghapus halaman dengan url /halaman1 dan /halaman2. Sehingga konten yang terkirim semula ada 15 kini menjadi 13.

Selanjutnya apa?

Setelah semua konten kita terindex, maka kita akan melakukan monitoring rangking artikel kita terhadap kata kunci yang kita bidik. Misalnya untuk kata kunci A, artikel kita ada di rangking berapa dan untuk kata kunci B, artikel kita ada di rangking berapa dan begitu seterusnya.

Bagaimana caranya? Akan saya publish di artikel berikutnya, Insya Alloh. 🙂

Jika ada pertanyaan silakan tulis di kotak komentar atau hubungi saya secara langsung di japri@muhammadsholeh.com. Saya tunggu kabar baik dari Anda. Terima kasih 🙂

*Ms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.