Trik Mengatasi Penomoran Otomatis (Auto Numbering Rows) Pada Tabel di Notion

Pada artikel ini Saya ingin berbagi trik tentang bagaimana cara mengatasi penomoran otomatis pada baris tabel di Notion. Istilah penomoran otomatis ini juga biasa disebut dengan auto numbering rows.

Buat Kamu pengguna productivity tools mungkin sudah gak asing lagi dengan Notion.

Aplikasi ini terkenal dengan fleksibilitasnya. Dengannya Kita bisa membuat berbagai macam dokumen mulai dari halaman, todolist hingga tabel. Rasanya seperti menggabungkan beberapa aplikasi office dalam satu aplikasi.

Baru-baru ini Saya lebih sering menggunakan fitur tabel yang ada di Notion untuk membuat beberapa aplikasi yang melibatkan database, seperti Shoptiva dan Rekap Update & Translate Halaman Docs KE.

Untuk studi kasusnya mungkin akan Saya bahas di halaman yang lain dan di lain waktu.

Di halaman ini Saya akan lebih fokus membahas salah satu kekurangan fitur Table nya Notion, yaitu auto numbering rows atau penomoran otomatis.

Auto Numbering Rows : Kekurangan Fitur Table di Notion Yang Bikin Fatal Sebuah Data

Saya akui fitur Table nya Notion ini cukup lengkap dan keren.

Tapi di sisi lain, fitur ini juga punya kekurangan.

Salah satunya adalah tidak bisa membuat penomoran otomatis atau auto increment atau istilah kerennya auto numbering rows pada baris tabel nya.

Kalau di Google Sheets, Microsoft Excel atau di aplikasi spreadsheet lainnya untuk membuat auto numbering rows atau penomoran otomatis ini sangatlah mudah.

Kita cukup buat nomor 1-3 kemudian drag ke bawah sebanyak yang kita mau. Dalam waktu singkat nomor urutnya bisa langsung kelihatan.

Misalkan kita mau bikin nomor urut 1-1000. Dalam hitungan detik itu bisa langsung terlihat hasilnya.

Tetapi jika di Notion, sampai artikel ini Saya tulis, belum ada fitur auto numbering ini.

Padahal fitur ini cukup banyak direquest oleh para pengguna Notion sejak tahun 2018 yang lalu.

Cukup masuk akal jika ada yang banyak orang yang membutuhkan fitur auto numbering pada baris tabel ini.

Alasannya sederhana saja, karena untuk meminimalisir kesalahan penomoran.

Kondisi saat ini untuk memasukkan nomor urut di Notion Table adalah dengan mengetikkannya secara manual.

Kalau barisnya ada 10 atau 20 Saya rasa gak ada masalah. Tetapi jika barisnya ada 100 atau 1000 barulah terasa masalahnya.

Pertama kita akan capek sendiri karena harus ngetik manual 1-1000 baris. Yang kedua kesalahan pengurutan pasti ada, misalnya nomornya loncat dari 50 kemudian 52. 51 nya kelupaan. Dan ini terjadi di Saya.

Kalau salahnya di tengah-tengah gini maka sampai bawah datanya juga akan salah sehingga gak valid lagi. Kalau sudah begini untuk menelusuri kesalahannya akan jadi sulit.

Maka dari itu fitur auto numbering baris tabel nya Notion ini sangatlah penting.

Trik Cara Membuat Penomoran Otomatis (Auto Numbering Rows) Pada Baris Tabel di Notion

Setelah Kita tahu apa kekurangan dari fitur Table di Notion, maka di bagian ini Saya akan coba mengahdirkan solusi dari masalah tersebut.

Harapannya buat Kamu yang juga punya masalah yang sama, bisa mendapatkan jalan keluar yang praktis dan Kamu bisa fokus dengan pekerjaan mu di Notion.

Untuk solusi cara membuat penomoran otomatis di Notion ini silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi spread sheet seperti Google Docs, Microsoft Excel, Libre Office Calc atau Apple Numbers. Pada panduan ini Saya menggunakan Google Docs sebagai aplikasi Spread Sheet nya.
  2. Buat nomor 1-100 atau sesuai rentang nomor yang Kamu butuhkan. Caranya ketik 1,2 dan 3 di 3 barus pertama, lalu di pojok cel ketiga drag ke bawah sampai ke nomor yang Kamu butuhkan.
  3. Copy rentang angkat tersebut.
  4. Buka table Notion dan paste angka yang sudah Kamu generate di kolom yang sudah Kamu tentukan. Untuk pastenya pakai Shortcut CTRL+V atau kalau di Mac pakai Commad+V. Jangan pakai klik kanan lalu paste.
  5. Kini di tabel mu sudah nomor yang sudah pasti urut sehingga Kamu gak perlu khawatir lagi ada nomor yang loncat atau gak urut.

Itulah triik cara mengatasi penomoran otomatis di baris tabel Notion. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Kamu dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.