Rekap Belanja Produk Digital Tahun 2021

Pada artikel ini Saya merekap beberapa produk digital yang sudah dibeli di tahun 2021.

Ini Saya tulis sebagai pengingat kalau Saya punya produk digital dan mempermudah dalam mengaksesnya kembali.

Selain itu rekap ini nantinya juga akan menjadi acuan dalam membeli produk-produk digital di tahun-tahun berikutnya, terutama terkait dengan anggaran yang dikeluarkan.

Itu saja pengantarnya dan inilah produk digital yang Saya beli di tahun 2021.

VPS

Produk digital yang pertama adalah Virtual Private Server (VPS). Ceritanya ini adalah pengganti hosting yang dulu sering bermasalah. Namun semenjak ganti jadi VPS Alhamdulillah gak ketemu lagi sama error seperti yang ada di hosting.

Proses migrasinya saya dokumentasikan di artikel Juli Bulan Migrasi.

VPS yang saya pakai adalah Vultr. Untuk pembayarannya menggunakan kartu debit dari Bank Jago dan ditarik pada tanggal 1 setiap bulannya.

Untuk berlangganan VPS ini saya mengeluarkan $5 per bulan atau sekitar Rp75.000 per bulan. Sehingga jika ditotal dalam setahun adalah Rp900.000.

Kalau mau login bisa langsung ke https://my.vultr.com/.

Software

Produk digital yang kedua adalah software Ubersuggest. Ubersuggest merupakan sebuah produk digital berupa software berbasis web untuk riset kata kunci.

Ubersuggest menggunakan sistem berlangganan dimana biayanya adalah $12 per bulan atau sekitar Rp180.000 untuk paket yang paling murah.

Sedangkan Saya mendapatkan harga hanya Rp60.000 per bulannya dan ditarik setiap tanggal 1 setiap bulannya.

Mungkin karena Saya daftarnya di awal-awal ubersuggest dikomersialkan sehingga bisa dapat harga segitu.

Kalau dihitung dalam waktu setahun maka Saya mengeluarkan Rp720.000 per tahun. Tapi beruntung untuk aplikasi ini dibayari sama kamtor sehingga Saya tidak mengeluarkan uang sedikitpun untuk berlangganan.

Untuk mengakses aplikasi ini bisa langsung ke https://app.neilpatel.com/.

Domain

Produk digital ketiga yang Saya beli di tahun 2021 adalah domain. Pada tahun ini saya membeli atau lebih tepatnya menyewa 3 domain.

muhammadsholeh.com

Domain yang pertama adalah muhammadsholeh.com yang saya lakukan perpanjangan pada tanggal 2 januari 2021. Expired nya tanggal 6 Januari 2022.

Untuk biaya perpanjangannya adalah $8.99 atau Rp130.700 waktu itu.

musho.xyz

Domain yang kedua adalah musho.xyz.

Domain ini statusnya adalah sewa baru dan Saya sewa pertama kali pada tanggal 17 Maret 2021. Sehingga expirednya pada tanggal 17 Maret 2022.

Untuk sewa ini Saya mengeluarkan uang sebesar $0.99 yang kalau dikonversi ke Rupiah sekitar Rp15.000. Persinya berapa Saya gak tahu karena saat dicari catatannya gak ada.

flanelshop.com

Domain yang ketiga adalah flanelshop.com.

Domain ini merupakan domain terlama yang Saya miliki. Usianya kalau gak salah sudah 9 tahun. Lebih lama dari usia pernikahan Saya sekarang.

Di tahun 2021 Saya melakukan perpanjangan domain ini pada tanggal 8 April 2021. Sehingga expirednya pada tanggal 8 April 2022.

Biayanya $8.99 atau Rp134.395.

Untuk mengakses 3 domain ini bisa langsung ke https://www.namesilo.com/login.

Aplikasi & Game

Produk digital yang keempat adalah aplikasi & game.

Di kategori ini selama tahun 2021 Saya beli 1 aplikasi dan 2 game yang diantaranya :

  • Money Manager Expense & Budget.
  • Beach Buggy Racing 2.
  • dan Lara Croft GO.

Money Manager Expense & Budget

Untuk aplikasi Money Manager Expense & Budget lebih tepat disebut upgrade daripada beli. Upgrade nya dari free ke pro. Tujuannya untuk menghilangkan iklan dan memisahkan pencatatan transaksi bulanan dengan pencatatan transaksi tabungan.

Untuk yang bulanan saya pakai aplikasi 1Money. Sedangkan untuk pencatatan tabungan Saya pakai aplikasi Money Manager Expense & Budget ini.

Upgrade ini Saya lakukan pada tanggal 12 Januari 2021 dan berlaku seumur hidup (lifetime).

Harga upgrade aplikasinya semula adalah Rp69.300. Namun karena Saya mendapatkan reward dari Google Play, saya hanya perlu membayar Rp6.000 saja.

Beach Buggy Racing 2

Untuk game yang pertama adalah Beach Buggy Racing 2. Pada game ini saya mendapatkan special offer dengan harga Rp5.500. Belinya di PlayStore.

Lara Croft GO

Dan game yang kedua adalah Lara Croft GO. Ini adalah game yang ada di Steam. Saya beli karena penasaran dan melakukan percobaan install game Steam di Linux.

Untuk harga aslinya adalah Rp95.000. Namun karena Steam sedang mengadakan Winter Sale, sehingga saya mendapatkan diskon 80%. Alhasil Saya hanya perlu membayar Rp19.000 Saja untuk bisa mendapatkan game pertama Saya di Steam.

Game ini Saya beli pada tanggal 29 Desember 2021 dengan metode pembayaran menggunakan DANA.

WordPress Theme

Produk digital yang kelima adalah WordPress Theme.

Di tahun 2021 ini Saya membeli 2 buah WordPress Theme, yang diantaranya Veen dan Superfast.

Veen

Veen saya beli pada tanggal 19 Januari 2021 di Themeforest seharga $23 atau Rp537.465. Niat awalnya Veen ini Saya pakai untuk website flanelshop.com. Namun sampai akhir tahun ini ternyata malah gak kepake.

Untuk mengaksesnya bisa langsung ke https://themeforest.net/.

Superfast

WordPress Theme yang kedua adalah Superfast.

Theme ini Saya beli pada tanggal 23 Agustus 2021 di Kentooz.com seharga $15 atau Rp217.020. Setelah beli semua web yang Saya miliki langsung ganti dengan theme ini. Dan ini bertahan sampai sekarang.

Pengalaman dan dampak positif dari theme Superfast ini bisa Kamu baca di artikel yang berjudul Superfast Theme : Traffic Organik Naik 22% dan Bounce Rate Turun 94% Dalam Waktu 4 Hari.

Untuk mengaksesnya bisa langsung ke halaman https://member.kentooz.com/login.

Online Course

Produk digital keenam yang Saya beli di tahun 2021 adalah Online Course.

Selama setahun ini Saya membeli 3 buah online course, yang diantaranya : SEOCON 2021, PLR Bundle dan Mentoring Facebook to Dropship.

SEOCON 2021

Online Course pertama yang saya beli di tahun 2021 adalah SEOCON 2021. Ini Saya beli pada tanggal 15 Januari 2021 seharga Rp197.000. Untuk mengakses materinya bisa langsung ke SEOCON.ID.

PLR Bundle PRO

Online course ini saya beli pada tanggal 16 April 2021 seharga Rp20.000 dan bisa diakses di https://pakarbot.com/member/login.

Mentoring Facebook Ads to Dropship

Ini adalah online course terakhir yang saya beli di tahun 2021. Saya beli pada tanggal 23 November 2021 seharga Rp447.002.

Untuk aksesnya bisa langsung ke https://titikdigital.net/akses/login .

Itulah beberapa produk digital yang Saya beli di tahun 2021. Mudah-mudahan ini menjadi pengingat bagi Saya pribadi dan mampu menggunakannya untuk mendapatkan dan berbagi maanfaat yang lebih banyak.

Gravatar Image
Remote Worker. SEO Specialist at KIRIM.EMAIL. Digital Marketing and Technology Enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.